Inilah Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT) 

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT) 

Global | IDX Channel | Minggu, 25 Februari 2024 - 11:41
share

IDXChannel Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas (PT) yang perlu Anda ketahui.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita tentu perlu mendirikan sebuah perusahaan. Memilih jenis badan usaha yang tepat tentunya dapat mendukung kemajuan bisnis yang Anda lakukan.

Salah satu jenis badan usaha yang ada di Indonesia adalah Perseroan Terbatas atau yang biasa disebut PT. Perseroan Terbatas adalah sebuah badan usaha berbentuk hukum resmi yang kepemilikannya dinyatakan dengan saham. Jenis badan usaha ini biasanya dipilih untuk bisnis berskala besar.

Umumnya, jenis badan usaha ini memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya dengan cara membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas? IDXChannel mengulas informasi lengkapnya sebagai berikut.

Kelebihan Perseroan Terbatas

Terdapat beberapa kelebihan Perseroan Terbatas yang perlu Anda ketahui.

1. Harta dan Aset Pribadi Terpisah dan Lebih Aman

Salah satu kelebihan dari Perseroan Terbatas adalah terdapat pemisahan harta pribadi dan perusahaan. Aset pribadi dan perusahaan perlu dipisahkan saat Anda mendirikan sebuah PT. Dengan begitu, ketika perusahaan berutang atau mengalami kerugian, aset pribadi tidak akan digunakan untuk membayar utang. Hal ini sesuai dengan Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) yang menjelaskan bahwa pemegang saham hanya memiliki tanggung jawab sesuai dengan jumlah saham yang ia miliki.

2. Sistem Kepemilikan Jelas

Dalam Perseroan Terbatas, sistem kepemilikan juga lebih jelas yang diwujudkan dalam bentuk saham. Apabila Anda adalah pemilik sebuah PT, maka Anda bisa dibilang memiliki saham dalam PT tersebut. Kepemilikan saham ini juga bisa dipindahtangankan kepada pihak lain, salah satunya dengan cara menjual saham.

3. Kemudahan dalam Pendanaan

Perseroan Terbatas juga memiliki kemudahan dalam hal pendanaan. PT dapat dengan mudah mengakses pasar modal untuk memperoleh dana sehingga memungkinkan PT untuk melakukan ekspansi dan meningkatkan usahanya.

4. Keberlangsungan Perusahaan Lebih Terjamin

Keberlangsungan Perseroan Terbatas juga lebih terjamin. Hal ini karena PT merupakan badan usaha yang berbadan hukum sehingga apabila dikemudian hari terjadi perubahan pengurusan atau pendirian, maka usaha masih bisa dijalankan.

5. Sumber Modal Dikelola dengan Efektif dan Efisien

Adanya kepemilikan yang jelas juga membuat sumber modal badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas lebih bisa dikelola dengan efektif dan efisien. Hal ini lantaran tidak ada tumpangan tindih antara harta pribadi masing-masing pemegang saham dengan dana operasional perusahaan.

Kekurangan Perseroan Terbatas

Selain memiliki beberapa kelebihan, Perseroan Terbatas juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kekurangan Perseroan Terbatas.

1. Proses Pendirian Perusahaan yang Lebih Rumit

Proses pendirian Perseroan Terbatas cenderung lebih rumit dibanding dengan badan usaha sederhana seperti perusahaan perseorangan. Hal ini lantaran terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi seperti didirikan lebih dari satu orang, memiliki pengurus minimal satu komisaris dan satu direktur, mendapat pengesahan dari Kemenkumham, dan lain sebagainya.

2. Membutuhkan Dana Operasional yang Besar

Proses pendirian PT membutuhkan waktu dan biaya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan bentuk badan usaha lainnya. Biaya ini termasuk biaya notaris, pajak, dan audit. Selain itu, PT juga memiliki biaya operasional yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk badan usaha lainnya, seperti biaya notaris, pajak, dan audit.

3. Tingginya Tanggungan Pajak

Sebagai sebuah entitas hukum, PT memiliki kewajiban pembayaran pajak sesuai peraturan perundang-undangan yang ada. Pada PT, pajak yang diterapkan cenderung lebih tinggi dibanding badan usaha lainnya.

4. Proses Pembubaran yang Rumit

Kekurangan lainnya dari Perseroan Terbatas adalah proses pembubaran yang relatif rumit dan berbeda dibandingkan dengan badan usaha lain. Pasalnya, sebelum PT dibubarkan, manajemen harus memastikan bahwa seluruh kewajiban PT telah terbayarkan, termasuk jumlah pajak terutang dan utang lainnya.

5. Kebijakan Bergantung Persetujuan Investor

Kebijakan Perseroan Terbatas juga bergantung pada persetujuan investor sehingga seringkali sulit mencapai keputusan bisnis.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas (PT) yang bisa Anda jadikan referensi dalam berbisnis. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik