Anak Usaha Telkom Digiserve Buka Suara soal Kemungkinan IPO

Anak Usaha Telkom Digiserve Buka Suara soal Kemungkinan IPO

Global | IDX Channel | Kamis, 22 Februari 2024 - 16:06
share

IDXChannel - Unit usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Digital Aplikasi Solusi atau Digiserve, bicara soal kemungkinan mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal itu seiring penguatan portofolio bisnis perusahaan, salah satunya managed solution end-to-end.

Direktur Utama Digiserve, Ahmad Hartono, menjelaskan aksi penawaran umum perdana menjadi wewenang atau kebijakan dari Telkom Indonesia selaku induk usaha Digiserve.

Kalau IPO di Digiserve itu follow kepada kebijakan dari parents, dari induk. Telkom sudah punya skenario terhadap beberapa korporasi atau entitas di bawahnya yang paling siap di-IPO-kan. Kemarin sudah IPO adalah Mitratel, ujar Ahmad saat media gathering di Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2024).

Ahmad memastikan Digiserve siap apabila Telkom Indonesia menghendaki perusahaan harus melantai di pasar modal.

Jadi dari kami terkait IPO itu kami follow, jadi misalnya diminta tolong di Digiserve siapkan ini itu segala macam, kami siapkan, tapi kapan dan bagaimana IPO itu adalah strategi dari level Telkom, paparnya.

Di luar peluang IPO, Digiserve terus menguatkan core business atau bisnis utamanya untuk mendukung segmen usaha Telkom, yakni business to business (B2B). Sepanjang tahun ini, BUMN telekomunikasi ini membidik kerja sama dengan lima korporasi terkemuka di Tanah Air.

Tiga korporasi di antaranya, perusahaan retail PT Indomarco Prismatama atau Indomaret, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau pengelola jaringan toko Alfamart, dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Kerja sama ini terkait perluasan pasar customer Digiserve.

Tak hanya itu, Digiserve menargetkan memenangkan beberapa proyek terkait perluasan pasar customer di lingkup perusahaan pelat merah.

Terus, apa proyek besar yang kami sasar? Jadi paling tidak ada lima korporasi besar yang menjadi target kami, tiga korporasi sudah kami menangkan market-nya, di antaranya adalah Indomaret yang juga baru dimenangkan proyek, bebernya.

Kedua di Alfamart yang juga baru dimenangkan perpanjangan sekaligus penambahan, dan ketiga adalah Mitra Adiperkasa. Masih ada ada beberapa target customer lagi yang kami targetkan dan menangkan, termasuk di BUMN lain, ucap Ahmad. (NIA)

Topik Menarik