Gempa Magnitudo 5,2 di Dekat Sumenep Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 5,2 di Dekat Sumenep Tidak Berpotensi Tsunami

Global | IDX Channel | Kamis, 22 Februari 2024 - 07:51
share

IDXChannel - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 yang mengguncang Laut Jawa tepatnya di Pantai Utara Kota Sumenep, Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami. Gempa ini terjadi Kamis (22/2/2024) pukul 05.46.54 WIB.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Kamis (22/2/2024).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pisenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,54 LS ; 113,95 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 Km arah Timur Laut Kota Sumenep, Jawa Timur pada kedalaman 634 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi," kata dia.

Sementara, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sumenep dengan skala intensitas III - IV MMI.

Daryono memastikan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 06.02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutup Daryono.

(NIY)

Topik Menarik