Rusia Dituduh Eksekusi Tawanan Perang Usai Ukraina Tarik Pasukan di Avdiivka

Rusia Dituduh Eksekusi Tawanan Perang Usai Ukraina Tarik Pasukan di Avdiivka

Global | okezone | Rabu, 21 Februari 2024 - 18:25
share

RUSIA Pekan lalu, pasukan Ukraina menyerahkan Kota Avdiivka di bagian timur, yang selama berbulan-bulan telah mereka pertahankan mati-matian dari serangan Rusia .

Penaklukan Avdiivka merupakan kemenangan strategis dan simbolis bagi Rusia, memperkuat pertahanannya terhadap ibu kota regional, Donetsk, dan berpotensi membuka jalan untuk serangan lebih lanjut terhadap wilayah yang dikuasai Ukraina.

Panglima Ukraina Oleksandr Syrskyi mengatakan dia memerintahkan mundur dari kota itu untuk menyelamatkan nyawa tentara.

Adapun kerabat dari enam tentara yang ditemukan tewas setelah pengambilalihan kota tersebut mengatakan bahwa mereka dieksekusi Rusia setelah menyerah. Pihak berwenang Ukraina sedang menyelidikinya. Adapun Moskow belum berkomentar.

BBC telah berbicara dengan tentara Ukraina yang mundur dari Avdiivka. Kesaksian mereka memberikan gambaran tentang para komandan yang tidak tanggap dan menolak permohonan putus asa pasukan mereka untuk mundur ketika mereka dikepung oleh pasukan Rusia.

Sebuah video yang diposting oleh blogger militer Rusia setelah penangkapan Avdiivka tampaknya menunjukkan mayat tentara Ukraina yang diyakini menyerah setelah pasukan Rusia merebut posisi mereka.

Ivan Zhytnyk, Andriy Dubnytsky dan Georgiy Pavlov telah diidentifikasi oleh kerabatnya sebagai tentara yang tewas dalam video tersebut.

BBC telah berbicara dengan mereka dan tentara lain yang berada di pangkalan tersebut bernama Zenith, di pinggiran tenggara Avdiivka, untuk merekonstruksi peristiwa kacau yang menyebabkan kematian mereka.

Selama berminggu-minggu, para pejuang di posisi tersebut telah melakukan pertempuran yang semakin putus asa untuk mempertahankan posisi mereka.

Mereka telah berulang kali meminta komandan mereka untuk menarik mereka keluar, karena khawatir akan terjadi pengepungan penuh. Namun permintaan mereka ditolak dan mereka disuruh menunggu.

Topik Menarik