Digugat PKPU dan Wanprestasi, Sultan Subang Mundur dari Komut ZATA dan IPPE

Digugat PKPU dan Wanprestasi, Sultan Subang Mundur dari Komut ZATA dan IPPE

Global | IDX Channel | Senin, 19 Februari 2024 - 20:46
share

IDXChannel - Sultan Subang, Asep Sulaeman Sabanda resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Utama (Komut) dari dua perusahaan, yakni PT Bersama Zatta Jaya Tbk (ZATA) dan PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE).

Pengumuman pengunduran diri ini disampaikan Direktur Utama ZATA, Elidawati dan Direktur IPPE, Syahmenan dalam Keterbukaan Informasi BEI, Senin (19/2/2024). Kedua emiten ini juga melampirkan surat pernyataan pengunduran diri Asep Sulaeman Sabanda.

Baik ZATA maupun IPPE sama-sama menerima surat pengunduran diri crazy rich Subang itu pada 15 Februari 2024.

"Pada 15 Februari 2024, perseroan telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Asep Sulaeman Sabanda selaku Komisaris Utama Perseroan," ucap Elidawati maupun Syahmenan.

Keduanya juga memastikan tidak ada dampak dari mundurnya Asep Sulaeman Sabanda terhadai kegiatan operasional, hukum, kondis keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan.

Sementara itu, Asep Sulaeman Sabanda dalam surat pernyataannya mengaku, merupakan Komut dari Bersama Zatta Jaya yang berkedudukan di Bandung dan Indo Pureco Pratama berlokasi di Kabupaten Subang.

"Bersama dengan surat ini, saya menyatakan saya mengundurkan diri dari jabatan saya dalam perseroan sebagaimana disebutkan di atas terhitung sejak tanggal pengunduran diri saya diterima dan disetujui oleh seluruh pemegang saham perseroan," kata Asep.

Sekadar informasi, Asep Sulaeman Sabanda tengah digugat wanprestasi dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) oleh para kreditur terkait sejumlah utang yang dimiliki PT Sumber Energi Alam Mineral (SEAM). Di mana Asep Sulaeman Sabanda merupakan Direktur Utama SEAM.

Atas gugatan wanprestasi dan PKPU yang menimpa crazy rich Subang itu, manajemen tiga emiten ini langsung buka suara.

Sementara itu, Asep diketahui lebih dulu resign dari kursi Komut di PT Berkah Beton Sadaya Tbk (BEBS) per 15 Januari 2024.

"Perseroan telah menerima surat pengunduran diri dari Asep Sulaeman Sabanda selaku Komisaris Utama Perseroan," tulis Direktur Berkah Beton Iyan Sopiyan dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (17/1/2024).

(FAY)

Topik Menarik