Benarkah Operasi Lasik Mata Gratis? Intip Penjelasannya

Benarkah Operasi Lasik Mata Gratis? Intip Penjelasannya

Global | IDX Channel | Senin, 19 Februari 2024 - 13:01
share

IDXChannel - Benarkah operasi lasik mata gratis? Lewat artikel ini kami akan membahasnya secara teperinci.

Operasi lasik mata memang membutuhkan biaya besar. Selain itu, operasi ini juga menjadi populer dikalangan anak muda hingga orang tua.

Lantas benarkah operasi lasik mata gratis? Simak penjelasan yang dihimpun IDX Channel dari berbagai informasi tepercaya.

Penjelasan Operasi Lasik Mata Gratis

Sejak dahulu pemerintah Indonesia telah menjamin kesehatan warganya melalui BPJS. Disinilah masyarakat bisa mendapatkan kesehatan gratis melalui asuransi itu.

Namun operasi lasik mata tidaklah gratis dan tidak ditanggung oleh BPJS, mengapa demikian? Sebab, operasi lasik bukan jenis operasi yang wajib dilakukan, tidak seperti operasi tumor atau jantung.

Karena itu, sampai saat ini BPJS Kesehatan tidak menanggung operasi LASIK mata.

Mengapa? Bukannya biaya operasi LASIK mata sekitar Rp28 juta untuk Femto LASIK sepasang mata dan Rp38 juta untuk Relex SMILE sepasang mata? Tidak sebesar ICU yang mencapai ratusan juta?

Ya, memang secara jumlah biaya, operasi LASIK tidak sebesar ICU. Namun, operasi LASIK menurut BPJS termasuk kategori pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik. Bukan operasi esensial seperti Operasi Katarak.

Jadi, untuk saat ini, masih belum memungkinkan operasi LASIK mata dengan BPJS Kesehatan. Namun, kamu bisa memanfaatkan promo LASIK yang tersedia. Atau jika memiliki asuransi kesehatan lain, bisa ditanyakan kepada pihak asuransi apakah meng-cover biaya operasi LASIK.

Benarkah Operasi Lasik Mata Gratis? Intip Penjelasannya. (FOTO: MNC MEDIA)

Biaya Operasi Lasik Mata

Seperti disinggung di atas, biaya operasi LASIK mata sekitar Rp28 juta untuk Femto LASIK sepasang mata dan Rp38 juta untuk Relex SMILE sepasang mata. Ini harga normal.

Melansir dari situs resmi National Lasik Center (NLC) harga operasi lasik mata berkisar dari Rp27-32 juta untuk sepasang mata.

Itulah penjelasan dan jawaban apakah operasi lasik mata gratis. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. (MYY)

Topik Menarik