AS: Rusia Kembangkan Senjata Anti-Satelit Baru yang Berbahaya dan Mengancam Keamanan

AS: Rusia Kembangkan Senjata Anti-Satelit Baru yang Berbahaya dan Mengancam Keamanan

Global | okezone | Jum'at, 16 Februari 2024 - 18:36
share

RUSIA Amerika Serikat (AS) mengatakan Rusia sedang mengembangkan senjata anti-satelit baru yang dianggap mengganggu dan berbahaya. Namun AS menekankan bahwa Moskow belum mengerahkan senjata itu.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby melontarkan komentar tersebut sehari setelah seorang anggota senior Partai Republik di DPR mengeluarkan peringatan samar mengenai ancaman keamanan nasional yang serius.

Mitra BBC AS, CBS News melaporkan senjata tersebut berbasis ruang angkasa dan dipersenjatai dengan senjata nuklir untuk menargetkan satelit.

Namun Kirby tidak mengkonfirmasi hal ini dan menolak memberikan rincian pasti mengenai ancaman tersebut pada Kamis (15/2/2024).

Moskow menuduh AS menggunakan klaim senjata baru Rusia sebagai tipu muslihat untuk memaksa Kongres memberikan bantuan tambahan kepada Ukraina dengan cara apa pun.

Kirby, yang baru-baru ini menjadi pembantu utama Presiden Joe Biden, mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada ancaman langsung terhadap masyarakat AS.

Kami tidak berbicara tentang senjata yang dapat digunakan untuk menyerang manusia atau menyebabkan kehancuran fisik di bumi ini, katanya.

Kirby mengatakan Biden telah diberi pengarahan mengenai intelijen tersebut dan pemerintahannya menganggap pengembangan senjata tersebut dengan sangat serius.

Topik Menarik