Jateng Catatkan Kasus Kematian Petugas KPPS Pemilu 2024 Terbanyak se-Indonesia

Jateng Catatkan Kasus Kematian Petugas KPPS Pemilu 2024 Terbanyak se-Indonesia

Global | IDX Channel | Jum'at, 16 Februari 2024 - 15:56
share

IDXChannel - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, Jawa Tengah mencatatkan kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 terbanyak se-Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nabila Tarmizi menjelaskan, pihaknya menerima laporan sebanyak 27 kasus kematian petugas KPPS Pemilu 2024. Data kematian dilaporkan dari hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Kalau dilihat dari domisili, provinsi Jawa Tengah melaporkan kasus kematian terbanyak dengan tujuh kasus," kata Siti Nadia di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Laporan kematian petugas KPPS Pemilu 2024 juga tercatat di Sumatera Utara (1 kasus), Riau (1), Sumatera Selatan (2), Banten (2), DKI Jakarta (3), Jawa Barat (5), Jawa Timur (5), dan Sulawesi Utara (1).

Penyebab kematian terbanyak adalah akibat sakit jantung. Kemudian, ada juga petugas yang meninggal akibat septic shock, hipertensi, acute respiratory distress syndrome, hingga kasus kecelakaan dan meninggal di perjalanan menuju fasilitas kesehatan.

Dari kejadian ini, Kemenkes mengimbau kepada masyarakat, khususnya petugas KPPS agar untuk sementara ini perbanyak istirahat. Jika masih merasa lelah, jangan paksa diri sendiri untuk masih tetap beraktivitas seperti biasa.

"Jika muncul sinyal kelelahan, segera menyempatkan diri untuk beristirahat dan mencukupi waktu tidur. Intinya, kalau sudah lelah, jangan dipaksa tetap bertugas," pungkasnya.

(YNA)

Topik Menarik