Dukung Sektor Kesehatan RI, Jepang Sumbang Peralatan Medis

Dukung Sektor Kesehatan RI, Jepang Sumbang Peralatan Medis

Global | IDX Channel | Jum'at, 16 Februari 2024 - 08:41
share

IDXChannel - Pemerintah Jepang memberikan bantuan peralatan medis kepada Rumah Sakit Umum Islam Banyu Bening di Kabupaten Boyolali. Ini merupakan bagian dari program Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia.

Acara serah terima diadakan pada 14 Februari dan dihadiri oleh Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kato Asami sebagai wakil dari pihak Jepang dan Direktur Rumah Sakit Umum Islam Banyu Bening Hillary Rosdiani sebagai perwakilan dari pihak Indonesia.

Sebelumnya, Pmerintah Jepang dan Rumah Sakit Umum Islam Banyu Bening melakukan penandatanganan kerja sama pada Desember 2021.

"Rumah sakit tersebut adalah rumah sakit satu-satunya yang memiliki bagian kebidanan dan kandungan di kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali," kata Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dalam keterangan persnya, Rabu (14/2/2024).

"Namun, rumah sakit tersebut dalam keadaan tidak bisa memberikan layanan operasi yang diperlukan terhadap ibu hamil karena kurangnya peralatan medis," lanjut pihak kedutaan.

Dengan adanya proyek ini, pengadaan peralatan medis untuk kebidanan dan kandungan dapat menghasilkan 1.500 operasi per tahun, sekitar lima kali lipat dari jumlah sebelum proyek dilaksanakan.

Pemerintah Jepang menyumbang peralatan medis yang diperlukan untuk perawatan kebidanan dan kandungan seperti meja operasi, mesin anestesi, dan monitor pasien. (WHY)

Topik Menarik