Potensi Pemilu 2024 Satu Putaran Menguat Sukses Bikin IHSG Sesi I Melesat

Potensi Pemilu 2024 Satu Putaran Menguat Sukses Bikin IHSG Sesi I Melesat

Global | IDX Channel | Kamis, 15 Februari 2024 - 13:26
share

IDXChannel - IHSG hari ini ditutup melaju kencang 1,57% ke level 7.322 pada sesi I. Penguatan ini sejalan dengan penutupan Bursa AS semalam yang naik.

"Kenaikan IHSG seiring dengan hasil perhitungan cepat (quick count) Pemilu Presiden 2024 yang menunjukkan pasangan 02 yang unggul cukup kuat dengan potensi pemilu berjalan satu putaran," tulis riset harian dari Panin Sekuritas, Kamis (15/2/2024).

"Hal ini direspons positif oleh market dengan terjadinya kenaikan hampir di seluruh sektor karena sikap wait and see pemilu akan perlahan memudar, meskipun masih ditunggu oleh investor terkait dengan hasil perhitungan resmi dari KPU," menurut riset tersebut.

Di sisi lain, rilis data neraca dagang Indonesia kembali tercatat surplus pada Januari 2024 sebesar USD2,01 miliar, meski melambat dibandingkan periode Desember 2023 yang sebesar USD3,3 miliar dan berada di bawah konsensus USD2,99 miliar.

Indeks sektoral ditutup cenderung menguat pada sesi I. Sektor yang mengalami penguatan paling besar dari sektor basic industri sebesar 2,73%. Diikuti sektor konsumer non siklikal lompat 2,47%.

"Penguatan sektor basic industri ditopang oleh penguatan beberapa saham berbasis semen yang terdorong katalis dari kelanjutan IKN setelah hasil quick count yang juga mendorong kenaikan saham kosntruksi," berdasarkan riset tersebut.

Selain itu, kenaikan saham yang terafiliasi pada beberapa pengusung paslon 02 juga mendorong kenaikan sektor basic industri.

Sementara sektor yang mengalami pelemahan adalah sektor teknologi 1,85% dan industri 0,17%.

"Di mana pelemahan sektor teknologi terdorong oleh sentimen merger antara GOTO dan Grab yang sebelumnya direspons positif oleh market, namun saat ini terjadi profit taking setelah disebutkan belum adanya diskusi dengan kedua perusahaan," terangnya.

Nilai transaksi perdagangan sepanjang sesi I mencapai Rp8,7 triliun, naik signifikan jika dibandingkan dengan transaksi hari kemarin (13/2) yang sebesar Rp4,9 triliun. Perdagangan saham tertinggi didominasi oleh sektor perbankan dengan saham top value hari ini BMRI, BBRI dan BBCA.

(FAY)

Topik Menarik