Wall Street Ditutup Sumringah, Nasdaq Menguat 1,3 Persen

Wall Street Ditutup Sumringah, Nasdaq Menguat 1,3 Persen

Global | IDX Channel | Kamis, 15 Februari 2024 - 07:11
share

IDXChannel - Wall Street berakhir menguat tajam pada perdagangan Rabu (14/2/2024) waktu setempat, karena platform ride-hailing Lyft dan Uber menguat, sementara Nvidia menggantikan Alphabet sebagai perusahaan paling bernilai ketiga di pasar saham AS.

Mengutip Reuters, S&P 500 naik 0,96% untuk mengakhiri sesi pada 5.000,62 poin. Nasdaq menguat 1,30% menjadi 15.859,15 poin, sedangkan Dow Jones Industrial Average naik 0,40% menjadi 38.424,27 poin.

Nvidia (NVDA.O) menyalip Alphabet (GOOGL.O) kapitalisasi pasar menjelang hasil kuartalan pembuat chip AI yang dominan minggu depan, sekarang dengan nilai pasar saham USD1,825 triliun setelah sahamnya naik 2,5 %.

Uber (UBER.N) melonjak hampir 15% ke rekor tertinggi, didorong oleh rencana pembelian kembali saham senilai USD7 miliar.

Lyft (LYFT.O) melonjak 35% setelah labanya melampaui perkiraan dan dikatakan akan menghasilkan arus kas bebas positif untuk pertama kalinya pada tahun 2024.

Membantu mengangkat S&P 500, Meta Platforms (META.O) dan Tesla (TSLA.O) keduanya memperoleh keuntungan lebih dari 2%.

Super Micro Computer (SMCI.O) melonjak lebih dari 11%, menambah keuntungan terkait AI baru-baru ini bagi penjual peralatan server. Hal ini membantu Russell 200 (.RUT), melonjak 2,4%, lompatan satu hari terbesar sejak pertengahan Desember.

Indeks Wall Street merosot ke posisi terendah lebih dari satu minggu pada hari Selasa dan blue-chip Dow (.DJI), mencatat hari terburuknya dalam 11 bulan, setelah data menunjukkan harga konsumen inti pada bulan Januari bertahan di hampir dua kali lipat harga The Fed sebesar 2%. target, memaksa investor untuk menilai kembali ekspektasi penurunan suku bunga mereka.

Terlepas dari kapan pemotongan pertama dilakukan, saya pikir pasar harus takut terhadap apa yang ditakutkan oleh The Fed. Apa yang ditakutkan oleh The Fed adalah melakukan pemotongan terlalu cepat dan harus menaikkan suku bunga. Hal ini akan menjadi bencana bagi reli ini, kata Jake Dollarhide, Chief Executive Officer dari Manajemen Aset Longbow di Tulsa, Oklahoma.

Memberikan sedikit kelegaan, Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan jalan kembali ke target inflasi bank sentral sebesar 2% akan tetap berada di jalurnya bahkan jika kenaikan harga sedikit lebih tinggi dari perkiraan selama beberapa bulan ke depan.

Ekspektasi The Fed akan memangkas suku bunga tahun ini telah memicu reli di Wall Street dalam beberapa bulan terakhir yang telah mengirim S&P 500 ke rekor tertinggi.

Suku bunga berjangka menunjukkan sebagian besar pedagang memperkirakan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada pertemuan kebijakan bulan Juni, alat CME FedWatch menunjukkan.

Robinhood Markets (HOOD.O) menguat 13% menyusul keuntungan kuartal keempat yang mengejutkan.

Saham Crypto Coinbase (COIN.O) Marathon Digital (MARA.O), membuka tab baru dan Riot (RIOT.O) masing-masing melonjak lebih dari 13% karena nilai pasar bitcoin melampaui USD1 triliun untuk yang pertama waktu sejak 21 November.

Dari 11 indeks sektor S&P 500, sembilan indeks menguat, dipimpin oleh sektor industri (.SPLRCI) naik 1,67%, diikuti kenaikan 1,42% pada sektor jasa komunikasi (.SPLRCL).

Saham-saham yang menguat melebihi jumlah saham-saham yang melemah dalam S&P 500 (.AD.SPX) dengan rasio 3,6 banding satu.

S&P 500 membukukan 37 titik tertinggi baru dan 4 titik terendah baru; Nasdaq mencatat 92 titik tertinggi baru dan 68 titik terendah baru.

(SAN)

Topik Menarik