Pertamina Tebar Beasiswa Buat Mahasiswa D3-S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya 

Pertamina Tebar Beasiswa Buat Mahasiswa D3-S1, Ini Syarat dan Cara Daftarnya 

Global | IDX Channel | Rabu, 14 Februari 2024 - 17:16
share

IDXChannel - Ingin melanjutkan pendidikan tapi terkendala biaya? Jangan khawatir, saat ini program beasiswa bertebaran dan menjadi kesempatan bagi putra putri Indonesia terbaik untuk meraihnya.

PT Pertamina (Persero) membuka program beasiswa untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4), yakni Beasiswa Sobat Bumi.

Beasiswa ini memberikan beragam manfaat untuk penerimanya, mulai dari bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, capacity building terkait pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan, serta jejaring mahasiswa seluruh Indonesia.

Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa.

Beasiswa Sobat Bumi merupakan bagian dari program sustainable education sekaligus bentuk apresiasi kami kepada mahasiswa berprestasi dan juga aktif dalam kegiatan masyarakat maupun lingkungan hidup," ujar dia dalam keterangan resminya, Rabu (14/2/2024).

"Lewat beasiswa ini, kami membina mereka sesuai dengan semangat Pertamina, yakni energizing community. Jadi, mereka tidak hanya memperoleh bantuan dalam bentuk biaya, tetapi juga pengalaman terjun langsung ke tengah masyarakat bersama Pertamina, sambung Fajriyah.

Sementara itu, Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengatakan, antusiasme mahasiswa terhadap Beasiswa Sobat Bumi sangat tinggi.

Untuk itu, dia mendorong para mahasiswa untuk segera mendaftar dan persiapkan diri semaksimal mungkin karena persaingannya begitu ketat.

Antusiasme terhadap Beasiswa Sobat Bumi tidak pernah surut setiap tahunnya. Tahun lalu, bahkan pendaftarnya mencapai 10.121 mahasiswa," jelasnya.

"Mereka akan diseleksi ketat lewat berbagai tahapan melalui metode perangkingan, mulai dari administrasi, wawancara, dan focus group discussion, terang Agus.

Beasiswa Sobat Bumi menjadi program yang mendukung pemerintah khususnya dalam berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), utamanya pada poin 4 (Pendidikan Berkualitas).

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka hingga 24 Februari 2024 melalui laman pertaminafoundation.org. Persyaratannya sebagai berikut:

- Mahasiswa mitra perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi (38 perguruan tinggi);

- Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6;
IP dan/atau IPK terakhir >/3.00;

- Tidak sedang menerima beasiswa periode Januari-Desember 2024;

- Memiliki sertifikasi Bahasa Inggris menjadi nilai tambah;
Membuat esai dengan tema Kontribusiku untuk Pencapaian Net Zero Emission;

- Aktif mengikuti organisasi kemasyarakatan atau lingkungan hidup.

Pertamina mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan. Segala proses seleksi Beasiswa Sobat Bumi tidak dipungut biaya apapun.

(FAY)

Topik Menarik