Intip TPS dengan Lomba Terunik di Indonesia, Daerah Mana Saja?

Intip TPS dengan Lomba Terunik di Indonesia, Daerah Mana Saja?

Global | IDX Channel | Rabu, 14 Februari 2024 - 14:31
share

IDXChannel - TPS dengan lomba terunik menghiasi pemilu 2024 kali ini. Salah satunya adalah gagasan Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriono yang berinisiatif membentuk TPS unik di 27 Kelurahan se- kota Tegal.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan kota Tegal dan agar warga tertarik untuk datang mencoblos di TPS. Ketua Bawaslu kota Tegal, Fauzan Hamid ST juga mengatakan bahwa dalam membuat TPS yang unik, selagi itu tidak melanggar aturan dan tidak melanggar juknis sah-sah saja.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (14/2/2024), IDX Channel telah merangkum TPS dengan lomba terunik, sebagai berikut.

TPS dengan Lomba Terunik

1. Kota Solo

TPS 34 Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, dihias bertema Valentine. TPS 34 yang berada di Kampung Tirtoyoso, Kelurahan Manahan itu, telah terpasang tenda besar bernuansa putih-merah muda.

Background-nya warna putih-pink dengan ornamennya nanti seperti valentine, hiasan bunga-bunga, semua dari petugas KPPS. Berdasarkan keterangan Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34 Heru Marwanto, persiapan mendesain TPS telah mulai dilaksanakan sejak Senin, 12 Februari 2024.

2. Bekasi

Pemkab Bekasi, Jawa Barat menggelar lomba TPS unik sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum 14 Februari 2024. TPS yang berhasil menciptakan desain unik akan mendapatkan reward dari Pemkab Bekasi disebut Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Dia mengatakan lomba TPS unik ini melibatkan seluruh lokasi pemungutan suara di daerah itu dengan penilaian dari juri gabungan yang dipimpin Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi. Lomba TPS sebagai salah satu upaya menarik minat masyarakat untuk datang dan menyalurkan hak politik di balik bilik suara.

3. Depok

Lingkungan RW03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas membuat TPS unik berkonsep Kerajaan Nusantara. Setiap TPS yang ada di RW 03 Kelurahan Depok Jaya didekorasi kerajaan yang ada di Nusantara. Di satu lokasi, konsep Kerajaan Nusantara totalnya ada tujuh TPS. Mereka membuat gerbang masuk dengan konsep gerbang seperti Kerajaan Majapahit.

4. Semarang

Pemerintah Kota Semarang menggelar lomba TPS unik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2024. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang mengatakan bahwa masing-masing TPS akan dinilai sesuai dengan kreativitas kelompok penyelenggara pemungutan suara. Kreativitas sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar berbondong-bondong ke bilik suara, misalnya mendesain TPS dengan konsep yang unik.

5. Mojokerto

Pemerintah Kota Mojokerto melombakan TPS yang unik dengan tematik berhadiah puluhan juta rupiah sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro menjelaskan, angka partisipasi pemilih di Mojokerto pada pemilu sebelumnya sudah mencapai 86 persen.

Pemilu 2024 ditargetkan mencapai 90 persen atau lebih. TPS bisa bertema apa pun, selama itu menarik dan unik. Masing-masing bebas berkreasi sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke TPS dan ikut mencoblos.

Itulah informasi terkait TPS dengan lomba terunik yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Topik Menarik