10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD

10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD

Global | IDX Channel | Selasa, 13 Februari 2024 - 16:56
share

IDXChannel Perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini adalah Microsoft Corp. Raksasa teknologi bermarkas di Amerika Serikat ini mencatatkan valuasi senilai USD3,08 triliun.

Saham perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini dihargai senilai USD415,26 per lembar, setara dengan Rp6,4 juta. Dengan valuasi USD3,08 triliun, Microsoft menggeser posisi Apple.

Sepanjang 2023, perusahaan ini diestimasikan mencatatkan net income sekitar USD83 miliar, naik dari perolehan setahun sebelumnya yang tercatat mencapai USD67 miliar. Layanan komputasi awan atau cloud computing service, berkontribusi 46% pada keseluruhan operating income.

Bisnis cloud computing Microsoft mengalami peningkatan yang signifikan, mengalahkan kinerja layanan serupa dari Amazon, berkat kerja samanya dengan salah satu perusahaan artificial intelligence ternama di dunia saat ini, yakni OpenAI.

Selain itu, Microsoft juga mengelola dan memproduksi operating system Windows dan software Office Suite, salah satu yang terbesar dan paling banyak digunakan konsumen di seluruh dunia.

Mayoritas perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya berasal dari Amerika Serikat, dan rata-rata berasal dari sektor teknologi. Apa saja perusahaan terbuka yang masuk dalam daftar tersebut?

Mengutip Investopedia dan CompaniesMarketcap (13/2), berikut ini adalah 10 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar:

Dari kesepuluh perusahaan di atas, delapan di antaranya berasal dari Amerika Serikat. Hanya Saudi Aramco dan TSMC yang berasal dari luar AS, yakni Arab Saudi dan Taiwan. TSMC merupakan perusahaan semikonduktor yang bermarkas di Taiwan.

Berkshire Hathaway merupakan perusahaan layanan keuangan, sementara Eli Lilly merupakan perusahaan farmasi berbasis di Amerika Serikat. Selain Saudi Aramco, Berkshire Hathaway, Eli Lilly, dan TSMC, selebihnya adalah raksasa teknologi.

Itulah sederet perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang menarik untuk diketahui. ( NKK )

Topik Menarik