Jangan Boros, Cek 3 Tips Memanfaatkan Uang Angpao

Jangan Boros, Cek 3 Tips Memanfaatkan Uang Angpao

Global | IDX Channel | Selasa, 13 Februari 2024 - 16:36
share

IDXChannel - Tips memanfaatkan uang angpao agar tidak cepat habis adalah dengan cara menabung. Tradisi merayakan Tahun Baru Imlek menjadi kesempatan baik bagi keluarga untuk berkumpul. Jangan lupa untuk memberikan angpao sebagai hadiah.

Kata angpao sendiri terdiri dari dua suku kata yakni ang yang berarti merah dan pao yang berarti amplop. Oleh karena itu, angpao dapat diartikan sebagai amplop merah. Dalam tradisi Tionghoa, angpao biasanya mencakup uang yang diberikan kepada anak-anak, keluarga lajang dan belum menikah, atau orang tua.

Angpao merah biasanya diberikan pada malam tahun baru Imlek atau pada waktu berdoa di pagi hari baik itu di pura dan kelenteng. Angpao ini diberikan dengan harapan agar penerimanya mendapat keberkahan dan keberuntungan.

Ketika Anda menerima angpao seperti itu, biasanya Anda akan cenderung melakukan pembelian impulsif tanpa memikirkan uangnya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengatur keuangan Anda dan memastikan tidak ada yang terbuang percuma.

Tips Memanfaatkan Uang Angpao

Berikut adalah beberapa cara mengatur dan tips memanfaatkan uang angpao imlek agar tidak cepat habis dan lebih bermanfaat untuk finansial masa depan:

1. Buat Perencanaan
Langkah pertama dalam penyesuaian angpao adalah perencanaan keuangan. Anda perlu memutuskan kebutuhan apa yang perlu Anda penuhi dengan uang ini. Misalnya, Anda perlu memutuskan berapa banyak yang ingin ditabung, melunasi utang, berinvestasi, dan menabung.

2. Menabung dan Berinvestasi
Tentu saja hal ini tidak bisa diabaikan dalam pengelolaan keuangan. Uang yang kita peroleh harus disisihkan untuk investasi dan tabungan.

Uang ini tidak hanya menguntungkan Anda, tetapi menyimpannya juga akan membantu Anda di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk menabung dan berinvestasi untuk jangka panjang dengan uang yang Anda dapatkan dari angpao ini.

3. Simpan untuk Dana Darurat
Dana daruratmu jangan dianggap remeh ya? Pasalnya, uang ini sangat berguna di saat krisis. Banyak masyarakat yang tidak siap dan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, cara terbaik memanfaatkan uang dari angpao Tahun Baru Imlek adalah dengan menyisihkannya sebagai dana darurat. (SNP)

Topik Menarik