Gempa M4,8 Guncang Banjar Kalsel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Meratus

Gempa M4,8 Guncang Banjar Kalsel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Meratus

Global | IDX Channel | Selasa, 13 Februari 2024 - 10:11
share

IDXChannel - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan M4,8 mengguncang Banjar, Kalimantan Selatan, pada Selasa (13/2/2024) pukul 08:22:24 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,19 LS ; 115,12 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 Km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat adanya aktivitas Sesar Meratus, kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan resminya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Banjarmasin, Kab. Tapin, Marabahan (Kab. Barito Kuala) dirasakan III MMI( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Kota Sampit, Pulau Pisau dan Kota Palangkaraya II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik