BPBD DKI: Waspada Hujan Lebat Sore Hari dan Potensi Tanah Longsor

BPBD DKI: Waspada Hujan Lebat Sore Hari dan Potensi Tanah Longsor

Global | IDX Channel | Senin, 12 Februari 2024 - 13:41
share

IDXChannel - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan masyarakat atas potensi hujan lebat di Jakarta dan sekitarnya pada Senin (12/2/2024) sore hingga malam.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat pada dini hari. Serta pada rentang waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok," tulis BPBD DKI dalam akun @BPBDJakarta di media sosial Twitter atau X.

BPBD DKI Jakarta juga menyampaikan peringatan dini potensi tanah longsor di Jakarta.Potensi gerakan tanah terdiri dari kategori rendah dengan simbol warna hijau, menengah dengan simbol warna kuning, dan tinggi dengan simbol warna merah jambu (pink).

Wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dalam peta tersebut berwarna hijau. Sedangkan yang berwarna kuning dan merah jambu mayoritas ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sedangkan yang kecil di Jakarta Barat.

Sejumlah kecamatan rawan longsor di Jakarta Selatan yakni Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan dan Tebet.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramatjati, Makasar, Matraman, Pasar Rebo dan Pulo Gadung di Jakarta Timur juga disebut rentan mengalami longsor.

Sedangkan di Jakarta Barat hanya wilayah Kembangan yang berstatus gerakan tanah sedang.

BPBD DKI mencatat ketinggian muka air di Pintu Air Pasar Ikan di Jakarta Utara masih berstatus siaga 2 pada Senin (12/2/2024) siang.

Status Pintu Air Pasar Ikan pada Pukul 12.00 WIB disebutkan masuk Siaga 2 atau Siaga seperti yang di-posting.

Ketinggian muka air di Pasar Ikan telah mencapai 218 centimeter (cm) dengan kondisi cuaca terang. Sedangkan 11 pintu air lainnya di DKI Jakarta masih berstatus siaga 4 atau normal.

(FRI)

Topik Menarik