Harga Minyak Mendidih, Saham MEDC hingga APEX Tersulut

Harga Minyak Mendidih, Saham MEDC hingga APEX Tersulut

Global | IDX Channel | Senin, 29 Januari 2024 - 10:11
share

IDXChannel - Harga minyak menguat pada perdagangan hari ini (29/1/2024). Harga minyak mentah Nymex naik 0,84 persen, sementara minyak Brent lompat 1,36 persen.

"Penguatan ini didorong oleh pertumbuhan ekonomi AS yang positif, indikasi stimulus China yang mendorong ekspektasi permintaan, dan dukungan dari kekhawatiran suplai di Timur Tengah," tulis riset harian Panin Sekuritas, pagi ini.

Menurut riset tersebut, data resmi menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun 9,2 juta barel pada minggu lalu, melampaui ekspektasi pasar dan menandai penurunan paling signifikan sejak bulan Agustus.

Sementara China, mengumumkan akan memangkas rasio cadangan bank bulan depan dan berjanji untuk menstabilkan pasar modalnya.

"Dari sisi suplai, ketegangan geopolitik meningkat di Timur Tengah minggu ini setelah pasukan AS dan Inggris melakukan lebih banyak serangan terhadap target-target Houthi di Yaman, yang meningkatkan risiko suplai di wilayah penghasil minyak tersebut," berdasarkan riset tersebut.

Harga minyak yang memanas ini telah menyulut saham-saham minyak bumi di Indonesia. Sektor energi menjadi salah satu sektor yang menguat pada pembukaan perdagangan awal pekan ini. Sektor energi naik 0,50 persen, sehingga turut membawa IHSG rebound 0,15 persen ke 7.147.

Hingga pukul 09.49 WIB, saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) sudah ngegas 2,08 persen ke level 1.225. Pun dengan saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) menanjak 2,20 persen ke 186. Saham PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA) menguat 0,98 persen ke 515.

Sementara saham PT Elnusa Tbk (ELSA) yang mendaki 0,50 persen ke 404. Begitupula dengan saham PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) terangkat 0,96 persen ke level 210. Dan saham PT Sigma Energy Compressindo Tbk (SICO) hampir naik 1 persen ke level 102.

(FAY)

Topik Menarik