Pendapatan Presiden Ukraina Turun Drastis Gara-Gara Invasi Rusia

Pendapatan Presiden Ukraina Turun Drastis Gara-Gara Invasi Rusia

Global | IDX Channel | Senin, 29 Januari 2024 - 08:41
share

IDXChannel - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengumumkan pendapatannya sebagai bagian dari upaya peningkatan transparansi dan pemberantasan korupsi.

Dalam postingan di situs kepresidenan, Zelenskiy mengungkapkan bahwa pendapatannya menurun pada 2021 dan 2022. Ini adalah pertama kalinya dia mengumumkan penghasilannya secara terbuka.

Pada 2021, setahun sebelum invasi Rusia, Zelenskiy dan keluarganya melaporkan pendapatan sebesar 10,8 juta hryvnia atau sekitar Rp4 miliar, turun 12 juta hryvnia dari tahun sebelumnya.

Pada 2022, tahun pertama invasi Rusia, pendapatan keluarga Zelenskiy turun lagi menjadi 3,7 juta hryvnia atau sekitar Rp1,5 miliar karena penurunan hasil sewa real estat yang dimilikinya akibat pecahnya perang.

Dilansird ari Reuters pada Senin (26/1/2024), Zelenskiy telah menyerukan pejabat publik untuk mengungkapkan pendapatan mereka sebagai bagian dari upaya meningkatkan transparansi dan memberantas korupsi. Ukraina berusaha memenuhi persyaratan ketat untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Sekutu Barat yang menyediakan persenjataan dan bantuan keuangan serta badan internasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF) juga mendorong Ukraina untuk meningkatkan upaya pemberantasan korupsi.

Badan Nasional Pencegahan Korupsi Ukraina, salah satu dari beberapa badan yang dikhususkan untuk mengungkap dan memberantas korupsi, bulan lalu meningkatkan upaya pengawasan pendapatan pejabat publik. (WHY)

Topik Menarik