Sebuah Studi Menemukan Keterkaitan Antara Pengeringan Laut Salton & Kurangnya Gempa Besar di Los Angeles

Sebuah Studi Menemukan Keterkaitan Antara Pengeringan Laut Salton & Kurangnya Gempa Besar di Los Angeles

Global | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 15:50
share

Berita Baru, Internasional Sebuah studi baru menjelaskan mengapa patahan San Andreas selatan di California tidak mengalami gempa besar selama lebih dari 300 tahun, meningkatkan kekhawatiran baru bagi penduduk setempat.

Seperti dilansir dari Sputnik News, studi tersebut menunjukkan bahwa pengeringan Laut Salton di dekatnya mungkin menjadi penyebab kekeringan seismik dan memberikan wawasan penting tentang potensi pemicu gempa, termasuk rencana untuk mengisi kembali badan air.

Para peneliti telah mengindikasikan bahwa akumulasi energi di sepanjang bagian terkunci patahan San Andreas berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada wilayah metropolitan Los Angeles yang berpenduduk padat jika dilepaskan dalam gempa bumi besar.

Studi kami menunjukkan bahwa danau itu sendiri cukup untuk memicu peristiwa di patahan San Andreas selatan dan peristiwa besar, kata Ryley Hill, penulis utama dan kandidat PhD di San Diego State University.

Ini cukup dapat diterapkan di mana saja di mana pemuatan hidrologi, baik alami maupun antropogenik, ada.

Studi baru-baru ini berfokus pada aktivitas gempa di sepanjang patahan San Andreas selatan selama milenium terakhir, di mana para peneliti mengumpulkan data lapangan dari bebatuan di dekat patahan yang mengungkap bahwa gempa bumi terjadi kira-kira setiap 180 tahun, dengan margin kesalahan 40 tahun.

Gempa ini bertepatan dengan tingginya permukaan air di Danau Cahuilla kuno.

Tim peneliti mengembangkan model komputer untuk mensimulasikan dampak danau penuh pada patahan, menemukan bahwa tingkat air yang tinggi di Danau Cahuilla mempengaruhi patahan dalam dua cara:

Berat air danau menyebabkan kerak di bawahnya membengkok, menghilangkan tekanan di antara lempeng-lempeng. Air menyusup ke retakan dan pori-pori di kerak bumi, meningkatkan tekanan fluida di dalam patahan dan selanjutnya memisahkan lempeng.

Analogi hoki udara digunakan untuk menjelaskan skenario tersebut. Tanpa udara, keping tidak meluncur dengan mudah di atas meja, mirip dengan gaya gesekan yang menjaga lempeng tektonik saling menempel. Ketika udara (atau air) dimasukkan, itu mengurangi ketegangan dan memungkinkan pelat untuk melewati satu sama lain dengan lebih mudah.

Jika gempa bumi sebelumnya terjadi setiap 180 tahun, kurang lebih 40 tahun, mengapa kita duduk di 300 tahun tanpa gempa? tanya Bukit.

Hal ini membuat banyak ilmuwan menggaruk-garuk kepala selama bertahun-tahun . Memahami sejarah patahan ini dan apa yang mungkin menyebabkan patahan di masa lalu membantu kami menginformasikan pemahaman kami tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa pengisian waduk air di daerah lain berpotensi memicu gempa bumi.

Mengenai Laut Salton saat ini, para peneliti mencatat kemungkinan untuk mengisi kembali ukuran Danau Cahuilla kuno tidak mungkin terjadi karena masalah kekeringan dan alokasi air.

Namun, penelitian tersebut menyoroti bahwa bukan volume air yang menambah tekanan, tetapi tingkat pengisian ulang danau. Temuan tersebut sejak itu menimbulkan kekhawatiran tentang rencana untuk memulihkan dan mengisi kembali Laut Salton.

Gempa bumi terjadi ketika lempeng tektonik terjebak pada batasnya karena gesekan dan tekanan yang menumpuk dari waktu ke waktu. Ketika tekanan mengatasi gaya gesek, lempeng-lempeng itu saling melewati satu sama lain, melepaskan energi dalam bentuk gelombang seismik dan menyebabkan goncangan.

Survei Geologi AS telah memperkirakan kemungkinan besar gempa berkekuatan 6,7 atau lebih yang terjadi di daerah Los Angeles dalam 30 tahun ke depan.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Nature .

Topik Menarik