AS Telah Mengakhiri Darurat Publik COVID-19, Apa Dampaknya?

AS Telah Mengakhiri Darurat Publik COVID-19, Apa Dampaknya?

Global | BuddyKu | Kamis, 11 Mei 2023 - 10:55
share

Berita Baru, Internasional Deklarasi darurat kesehatan masyarakat (PHE) COVID-19 AS akan berakhir pada hari Kamis. Langkah tersebut akan membawa dampak sosial yang luar biasa, menyebabkan kurangnya perhatian publik terhadap kesiapsiagaan dan tanggapan terhadap pandemi, dan menambah beban bagi penduduk miskin dan minoritas, kata seorang ahli epidemiologi terkemuka kepada Xinhua , Rabu (10/5).

PHE diumumkan oleh Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan (HHS) AS saat itu, Alex Azar, pada Januari 2020 untuk menerapkan tindakan sementara dan mengalokasikan sumber daya untuk mengatasi pandemi dengan lebih baik.

Sejak menjabat pada tahun 2021, Presiden AS Joe Biden berulang kali memperpanjang keadaan darurat.

Setelah lebih dari tiga tahun gangguan sosial, setidaknya 6 juta COVID-19 rawat inap, dan 1,1 juta kematian, deklarasi tersebut secara resmi akan berakhir pada 11 Mei.

Setelah berakhirnya PHE, pasokan vaksin COVID, pengujian dan perawatan dapat berkurang, mengakibatkan biaya yang lebih tinggi untuk individu karena berkurangnya cakupan asuransi, dan tagihan medis masyarakat juga dapat meningkat, Zhang Zuofeng, profesor dan ketua Departemen Epidemiologi di University of California, Los Angeles, kepada Xinhua dalam sebuah wawancara.

Rumah sakit Amerika telah menerima dana tambahan selama PHE, seperti berbagai jenis dana pada tahap awal pandemi, serta peningkatan pembayaran Medicare sebesar 20 persen untuk merawat pasien COVID-19, jelas Zhang.

Karena sistem rumah sakit akan kehilangan dana tersebut setelah 11 Mei, orang akan melihat kenaikan biaya medis dan asuransi mereka, katanya.

PHE telah membantu mendistribusikan dana dan mengizinkan jutaan orang Amerika menikmati Medicaid selama pandemi. Ini melarang negara mengubah persyaratan kelayakan, premi dan paket manfaat. Tapi semua itu bisa berubah setelah 11 Mei.

Banyak orang mungkin kehilangan asuransi kesehatan mereka, kata Zhang, menambahkan populasi miskin dan minoritas akan paling terpukul.

Selain itu, berakhirnya PHE berarti lebih sedikit data dan informasi tentang tren infeksi virus corona, yang mempersulit pelacakan varian dan transmisi baru, kata Zhang.

Pengawasan data COVID-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) A.S. telah menjadi landasan tanggapan A.S., dan selama PHE, HHS memiliki wewenang untuk mewajibkan pelaporan uji lab untuk COVID-19.

Di akhir PHE, HHS tidak lagi memiliki wewenang tegas untuk meminta data ini dari laboratorium.

CDC akan membatalkan pemantauan infeksi baru, hanya tetap melakukan pengawasan pada rawat inap dan kematian. Ini akan merusak sistem pengawasan dan pelaporan yang dibangun selama tiga tahun terakhir, dan akan sangat melemahkan kemampuan negara untuk memantau COVID-19 dan wabah epidemi lainnya di masa depan, kata Zhang.

CDC dan lembaga federal lainnya akan memiliki lebih sedikit data, yang akan membuat mereka lebih sulit untuk menentukan transmisi dan tren varian dan subvarian baru, tambahnya.

Akhir dari PHE juga berarti melonggarkan langkah-langkah perlindungan seperti memakai masker, isolasi pasien, deteksi dan karantina kontak dekat, kata Zhang.

Administrasi Biden akan mengakhiri persyaratan vaksin COVID-19 untuk pegawai federal, kontraktor federal, dan pelancong udara internasional pada 11 Mei.

Para ahli tetap khawatir tentang apakah pencabutan tindakan perlindungan akan memungkinkan virus menciptakan gangguan baru.

Pelonggaran tindakan pencegahan COVID-19 menempatkan kelompok yang rentan terhadap COVID-19 pada risiko yang lebih tinggi, kata Zhang.

Dampak besar lain dari berakhirnya PHE adalah kurangnya perhatian publik terhadap kesiapsiagaan dan respons pandemi, serta pengabaian penelitian yang relevan, katanya.

Subvarian Omicron baru XBB.1.16 telah menjadi strain dominan kedua di Amerika Serikat, menarik perhatian karena penularannya yang tinggi dan gejala baru.

Zhang mengatakan prevalensi XBB.1.16 terus meningkat, dan kemungkinan akan menjadi jenis virus corona dominan berikutnya di negara tersebut.

Topik Menarik