Di Sela-sela KTT SCO, India Bertemu dengan China dan Rusia

Di Sela-sela KTT SCO, India Bertemu dengan China dan Rusia

Global | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 12:54
share

Berita Baru, New Delhi Menteri Luar Negeri India mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekan dari China dan Rusia menjelang pertemuan forum keamanan Asia Tengah, Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) yang diadakan di pusat wisata Goa.

Subrahmanyam Jaishankar mengatakan pada hari Kamis (4/5) bahwa dia telah melakukan diskusi terperinci dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang tentang hubungan bilateral di sela-sela pertemuan dua hari Organisasi Kerjasama Shanghai.

Fokus tetap pada penyelesaian masalah luar biasa dan memastikan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan, cuitnya di Twitter setelah pertemuan.

India dan China terlibat dalam kebuntuan tiga tahun yang intens yang melibatkan ribuan tentara yang ditempatkan di sepanjang perbatasan yang disengketakan di wilayah timur Ladakh di Himalaya.

Pertemuan minggu lalu antara menteri pertahanan mereka memberikan gambaran sekilas tentang betapa berbedanya kedua negara memandang situasi di sepanjang perbatasan.

Sementara India menuduh tetangganya mengikis hubungan dengan melanggar perjanjian bilateral, China mengatakan kondisi perbatasan secara keseluruhan stabil.

Bentrokan tiga tahun lalu di Ladakh menewaskan 20 tentara India dan empat orang China.

Jaishankar juga mengatakan dia memiliki tinjauan komprehensif atas kerja sama bilateral, global, dan multilateral dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Analis mengatakan India kemungkinan akan khawatir atas ketergantungan Rusia yang semakin besar pada China karena invasi ke Ukraina berlarut-larut.

Menurut laporan Reuters , hubungan New Delhi dengan Moskow, sekutu Perang Dinginnya, tetap kuat. Ia telah gagal mengutuk Kremlin atas invasi ke Ukraina dan telah muncul sebagai pembeli terbesar minyak mentah Rusia di tengah upaya Barat untuk memangkas pendapatan minyak Moskow selama perangnya dengan Kyiv.

Beijing yang mendapatkan lebih banyak kekuasaan atas Moskow terbukti menjadi perhatian bagi India, karena India masih membeli sebagian besar alutsista dari Rusia.

Para menteri luar negeri dari anggota SCO, pakta keamanan yang didominasi oleh Moskow dan Beijing, tiba di Goa, India, di mana mereka diperkirakan akan membahas pendalaman kerja sama ekonomi dan keamanan di wilayah tersebut pada hari Jumat. KTT para pemimpin SCO akan diadakan pada bulan Juli.

Pakistan, musuh bebuyutan India, juga merupakan anggota SCO. Menteri luar negerinya, Bilawal Bhutto Zardari, melakukan kunjungan pertama pejabat tinggi Pakistan ke India dalam hampir satu dekade.

Kehadiran Zardari telah memicu spekulasi mencairnya hubungan yang tegang antara kedua negara Asia Selatan, meskipun kedua menteri telah menepis spekulasi tentang pembicaraan bilateral.

Selama kunjungan saya, yang berfokus secara eksklusif pada SCO, saya menantikan diskusi konstruktif dengan rekan-rekan saya dari negara-negara sahabat, cuit Zardari sebelum berangkat ke India.

Topik Menarik