Loading...
Loading…
Cari Perkara, Lima Anggota Parlemen AS ke Taiwan, Tiongkok Beri Peringatan Akan Ambil Langkah Tegas

Cari Perkara, Lima Anggota Parlemen AS ke Taiwan, Tiongkok Beri Peringatan Akan Ambil Langkah Tegas

Global | koran-jakarta.com | Senin, 15 Agustus 2022 - 11:00

JAKARTA - Tiongkok menentang segala bentuk ikatan resmi antara AS dan Taiwan, dan Tiongkok akan mengambil langkah-langkah tegas untuk merespons provokasi yang dilakukan AS, kata Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok di Washington, Minggu (14/8) saat delegasi Kongres terbang ke Taiwan di hari yang sama.

Dilansir CGTN , Senin (15/8), Liu dalam unggahan di Twitter mengatakan, kunjungan terbaru itu sekali lagi membuktikan bahwa AS tidak ingin melihat situasi di Selat Taiwan stabil, tidak ada upaya untuk mengubah konfrontasi antara kedua belah pihak dan mengintervensi urusan dalam negeri Tiongkok.

"Tanggung jawab untuk situasi ketegangan di Selat Taiwan saat ini sepenuhnya ada di pihak AS, yang harus menanggung semua konsekuensi yang diakibatkan oleh kunjungan parlemen (AS) ke Taiwan," katanya.

Lima anggota delegasi AS yang dipimpin Senator Ed Markey dari Massachusets mengunjungi Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan awal Agustus lalu. Kunjungan Pelosi itu mengundang kutukan dan respons keras dari pihak Tiongkok termasuk dengan melakukan latihan militer di sekitar Taiwan.

"Para anggota Kongres AS harus bertindak sesuai dengan pemerintah AS yang mendukung kebijakan Satu Tiongkok. Pihak AS harus mematuhi prinsip Satu Tiongkok dan ketentuan dari tiga komunike bersama AS-Tiongkok dan menghentikan pertukaran pejabat dengan Taiwan," kata jubir Kedubes Tiongkok untuk AS itu.

Original Source

Topik Menarik