Keterlaluan! Tidak Habis Pikir, Italia Belum Memperlihatkan Rencana Perdamaian untuk Ukraina

Keterlaluan! Tidak Habis Pikir, Italia Belum Memperlihatkan Rencana Perdamaian untuk Ukraina

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 24 Mei 2022 - 18:45
share

Rusia belum melihat rencana perdamaian Italia untuk Ukraina , tetapi berharap untuk menerimanya melalui saluran diplomatik, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Selasa.

Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio memberikan garis besar rencana itu minggu lalu dan mengatakan bahwa dia telah mendiskusikannya dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres selama kunjungan ke New York.

"Kami belum melihatnya, kami berharap itu akan disampaikan kepada kami melalui saluran diplomatik dan kami akan membiasakan diri dengannya," kata Peskov.

Rencana tersebut akan melibatkan kelompok-kelompok internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa yang akan bertindak sebagai fasilitator untuk mengatur gencatan senjata lokal pada awalnya, Di Maio mengatakan pada konferensi pers di Italia Jumat lalu.

Di Maio mengatakan rencana itu juga telah diusulkan kepada pejabat senior yang mewakili negara-negara Kelompok Tujuh.

Mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang sekarang menjadi wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, menolak rencana dan inisiatif serupa lainnya oleh Barat.

"Tampaknya itu disiapkan bukan oleh diplomat, tetapi oleh ilmuwan politik lokal yang telah membaca banyak surat kabar provinsi dan hanya beroperasi dengan pemalsuan Ukraina," kata Medvedev di saluran Telegramnya.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi telah berulang kali menyerukan gencatan senjata di Ukraina. Koalisi penguasa luas Italia terbagi atas masalah apakah akan memasok lebih banyak senjata ke Ukraina.

Topik Menarik