Loading...
Loading…
Letusan Gunung Api Tonga Paling Ganas dalam 140 Tahun, Sama Kuat dengan Gunung Krakatau

Letusan Gunung Api Tonga Paling Ganas dalam 140 Tahun, Sama Kuat dengan Gunung Krakatau

Global | okezone | Jumat, 13 Mei 2022 - 10:07

TONGA - Letusan gunung berapi di sebuah pulau dekat Tonga pada Januari lalu sama kuatnya dengan letusan Gunung Krakatau tahun 1883 di Indonesia, salah satu peristiwa gunung berapi paling mematikan dan paling merusak yang pernah tercatat.

Para ilmuwan telah mulai mengumpulkan apa yang terjadi selama letusan yang terjadi pada 15 Januari di gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai sekitar 65 kilometer (40 mil) utara ibukota Tonga yang menewaskan sedikitnya tiga orang. Letusan tersebut telah menentang penjelasan yang mudah dan menjungkirbalikkan pemahaman para ilmuwan tentang jenis gunung berapi ini.

Letusan gunung berapi mengirimkan gelombang tekanan yang jarang diamati di seluruh dunia selama enam hari dan melepaskan jenis gelombang tsunami yang tidak terduga, menurut dua studi baru yang diterbitkan pada hari Kamis di jurnal Science. Gumpalan besar gas, uap air, dan debu juga menciptakan angin berkekuatan badai di luar angkasa, kata NASA dalam studi terpisah yang diterbitkan minggu ini.

Baca Juga :
Letusan Gunung Berapi Tonga Setara 1.000 Bom Nuklir AS di Hiroshima

Data awal setelah ledakan menunjukkan bahwa itu adalah yang terbesar sejak letusan Gunung Pinatubo tahun 1991 di Filipina, tetapi studi Sains, yang melibatkan 76 ilmuwan di 17 negara, telah menyarankan bahwa gelombang tekanan yang dilepaskannya serupa dengan yang dihasilkan oleh letusan Krakatau tahun 1883 yang dahsyat dan 10 kali lebih besar dari letusan Gunung St. Helens tahun 1980 di Skamania County, Washington.

Original Source

Topik Menarik

{