Arab Saudi dan India Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut

Arab Saudi dan India Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut

Global | sindonews | Minggu, 8 Mei 2022 - 21:30
share

JEDDAH - Kapal-kapal dari Skuadron Pelatihan Pertama Angkatan Laut India - INS Tir dan INS Sujata bersama dengan kapal Penjaga Pantai India Sarathi - tiba di pelabuhan Jeddah, Arab Saudi untuk pertukaran pelatihan. Latihan itu dilakukan di tengah meningkatnya hubungan pertahanan antara India dan Arab Saudi.

Kapal-kapal tersebut juga bergabung dengan INS Tarangini, salah satu dari sedikit kapal pelatihan berlayar di dunia, pada Jumat (6/5/2022). Kedatangan kapal-kapal India di Jeddah menandai babak baru dalam hubungan pertahanan bilateral, setelah latihan bersama pertama Angkatan Laut Saudi dan India, tahun lalu.

Baca: Pangeran Saudi Alwaleed: Musk akan Jadi Pemimpin yang Sangat Baik untuk Twitter

Skuadron ini dipimpin oleh Kapten Aftab Ahmed Khan, perwira senior Skuadron Pelatihan Pertama dan komandan INS Tir. Setibanya di pelabuhan Jeddah, kapal-kapal tersebut disambut hangat oleh pejabat dari Royal Saudi Naval Forces, Border Guards dan Kedutaan Besar India.

Pada bulan Februari tahun ini, delegasi Angkatan Laut Kerajaan Saudi mengambil bagian dalam latihan multi-nasional "Milan 2022" yang diikuti oleh delegasi dari 40 negara berlatih di pantai timur India.

Pada resepsi Jumat malam di INR Tir, Kuasa Usaha India N. Ram Prasad mengatakan, kedatangan kapal-kapal angkatan laut India memberikan kesaksian tentang hubungan pertahanan yang berkembang antara India dan Arab Saudi.

Baca: Pangeran Senior: Arab Saudi Dikecewakan setelah Percaya pada AS

"Beberapa tahun terakhir telah melihat pertumbuhan luar biasa dalam hubungan bilateral kita, baik itu energi, perdagangan, pembangunan infrastruktur, penelitian medis, pertukaran orang ke orang, kerja sama pertahanan dan keamanan," ujarnya, seperti dikutip dari Arab News.

Menurutnya, India adalah mitra dagang terbesar kedua Arab Saudi dengan perdagangan mendekati USD40 miliar. "Saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik India-Arab Saudi, kita dapat melihat kembali dengan bangga perkembangan hubungan persaudaraan selama beberapa dekade terakhir," kata Prasad.

Kapten Aftab menyambut perwira angkatan laut Saudi serta komunitas diplomatik dan mengatakan itu adalah momen kebanggaan berada di Jeddah. Dia berterima kasih kepada Atase Pertahanan India Kolonel G.S. Grewal dan Misi India di Riyadh dan Jeddah atas sambutan besar yang diberikan kepada kapal-kapal tersebut.

Baca: Sambut Idul Fitri, Saudi Terapkan Libur 3 Hari dan Gelar Jeddah Season 2022

INS Tir (artinya panah) adalah kapal pelatihan kadet khusus pertama yang dibangun oleh Mazagon Dock Ltd. di Mumbai, dan ditugaskan pada 21 Februari 1986. Ini adalah kapal senior Skuadron Pelatihan Pertama Komando Angkatan Laut Selatan dan dilengkapi dengan semua fasilitas pelatihan modern.

Selama bertahun-tahun, kapal telah melatih lebih dari 4.000 perwira termasuk dari negara sahabat asing, mengunjungi 27 negara dan telah menjadi mercusuar diplomasi maritim dan kerja sama luar negeri.

Kapal dapat membawa hingga 293 orang, meskipun penyebarannya biasanya dengan 20 instruktur dan 120 kadet. Dilengkapi dengan infrastruktur pelatihan mutakhir, dan suite komunikasi dan meriam, kapal membawa helikopter dan juga telah mengambil bagian dalam misi anti-pembajakan di masa lalu.

Topik Menarik