AS Diam-Diam Uji Rudal Hipersonik, Hindari Ketegangan dengan Rusia

AS Diam-Diam Uji Rudal Hipersonik, Hindari Ketegangan dengan Rusia

Global | okezone | Rabu, 6 April 2022 - 16:58
share

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) telah menguji rudal hipersonik yang dirancang oleh Lockheed Martin untuk program Hypersonic Air-breathing Weapon Concept (HAWC).

Seorang pejabat pertahanan yang dikutip CNN pada Senin (4/4) mengatakan pemerintahan Presiden AS Joe Biden merahasiakan hal ini agar tidak terkesan memusuhi Rusia lebih jauh.

Sumber CNN mengatakan AS memutuskan untuk tidak mempublikasikan uji prototipe Lockheed Martin untuk menghindari meningkatnya ketegangan antara Washington dan Moskow. Militer AS membatalkan beberapa tes ICBM rutin di tengah krisis di Ukraina, dengan alasan yang sama.

Menurut sumber CNN, rudal scramjet diluncurkan dari pembom B-52 di lepas pantai barat dan melakukan perjalanan pada ketinggian 65.000 kaki (20.000 m) selama lebih dari 300 mil (480 km). Sumber tersebut tidak mengungkapkan kecepatan proyektil, meskipun seharusnya setidaknya Mach-5, yang dianggap sebagai kisaran rendah untuk senjata hipersonik.

Itu adalah tes sukses kedua yang dilaporkan di bawah program HAWC, yang dijalankan bersama Angkatan Udara AS dan Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS (DARPA). September lalu, DARPA mengumumkan telah menguji prototipe rudal scramjet yang diproduksi bersama oleh Raytheon Technologies dan Northrop Grumman, tanpa memberikan rincian apa pun.

Topik Menarik