Biden Peringatkan Putin: Jangan Pernah Berpikir untuk Bergerak ke Wilayah NATO!

Biden Peringatkan Putin: Jangan Pernah Berpikir untuk Bergerak ke Wilayah NATO!

Global | sindonews | Minggu, 27 Maret 2022 - 07:18
share

WARSAWA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan peringatan langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berpikir bergerak ke wilayah NATO . Hal itu diungkapkannya saat berpidato dari Istana Kerajaan di Warsawa, Polandia.

"Jangan pernah berpikir untuk bergerak satu inci pun ke wilayah NATO," ucap Biden seperti dikutip dari Insider , Minggu (27/3/2022).

Biden juga menegaskan bahwa konflik yang terjadi di Ukraina saat ini tidak mengharuskan AS untuk terlibat secara langsung.

"Pasukan Amerika tidak berada di Eropa untuk terlibat dalam konflik dengan pasukan Rusia," kata Biden. "Pasukan Amerika di sini untuk membela sekutu NATO," tegasnya.

Meski begitu, Biden tetap menunjukkan dukungannya kepada Ukraina. Ia mengutip pesan Paus Yohanes Paulus II yang kelahiran Polandia kepada Uni Soviet pada 1979.

"Jangan takut," katanya.

"Kitakembali muncul dalam pertempuran besar untuk kebebasan, pertempuran antara demokrasi dan otokrasi, antara kebebasan dan represi. Dalam pertempuran ini, kita harus jernih. Pertempuran ini juga tidak akan dimenangkan dalam beberapa hari atau bulan. Kita perlu menguatkan diri untuk perjuangan panjang di depan," kata Biden seperti dilansir dari CNN .

Ada tepuk tangan ketika dia menyebut orang-orang dari Ukraina di kerumunan di Warsawa.

"Sekarang dalam perjuangan abadi untuk demokrasi dan kebebasan, Ukraina dan rakyatnya berada di garis depan, berjuang untuk menyelamatkan bangsa mereka, dan perlawanan berani mereka adalah bagian dari perjuangan yang lebih besar untuk prinsip-prinsip demokrasi penting yang menyatukan semua orang bebas," dia berkata.

"Pesan saya kepada rakyat Ukraina adalah pesan yang saya sampaikan hari ini kepada menteri luar negeri dan menteri pertahanan Ukraina, yang saya yakini ada di sini malam ini: Kami mendukung Anda. Titik," katanya.

Biden berjanji tidak akan menghentikan upaya untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan di Ukraina dan untuk orang-orang yang berhasil keluar dari negara itu.

"Terlepas dari kebrutalan Vladimir Putin, jangan diragukan lagi bahwa perang ini telah menjadi kegagalan strategis bagi Rusia," kata Biden.

"Putin mengira orang Ukraina akan menyingkir dan tidak berperang, (dia) tidak belajar dari sejarah," sambung Biden seperti dikutip dari ABC News .

Biden juga berbicara kepada orang-orang Rusia, mengatakan kepada mereka: "Anda, orang-orang Rusia, bukan musuh kami."

"Rakyat Amerika mendukung Anda dan orang-orang Ukraina yang berani untuk perdamaian," pungkas Biden.

Topik Menarik