Loading...
Loading…
Kerahkan 200 Helikopter Tempur, Rusia Rebut Lapangan Terbang Dekat Kiev

Kerahkan 200 Helikopter Tempur, Rusia Rebut Lapangan Terbang Dekat Kiev

Global | sindonews | Sabtu, 26 Februari 2022 - 00:01

KIEV - Militer Rusia mengumumkan pada Jumat sore (25/2/2022) bahwa pasukannya telah "berhasil" merebut lapangan terbang Hostomel, dekat ibukota Ukraina, Kiev.

Rusia melancarkan serangan terhadap Ukraina sejak Kamis pagi, dengan alasan langkah itu diperlukan untuk melindungi rakyat di kedua republik Donbass dari serangan tentara Ukraina.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan, dengan menggunakan lebih dari 200 helikopter, pasukannya merebut lapangan terbang pada hari yang sama.

"Tidak ada korban di antara Angkatan Bersenjata Rusia," ungkap juru bicara Kemhan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov, dilansir RT.com.

Konashenkov juga mengklaim, "Lebih dari 200 nasionalis dari pasukan khusus Ukraina tewas selama perebutan lapangan terbang."

Kiev belum mengkonfirmasi hilangnya lapangan terbang atau klaim Rusia tentang jumlah korban. Pejabat dan media Ukraina melaporkan pertempuran sengit atas Hostomel pada Kamis (24/2/2022) dan sepanjang Jumat.

Konashenkov menyatakan, "Pasukan Rusia beroperasi dekat Kiev dan kota-kota lain," tanpa menentukan lokasi atau tujuan unit.

Beberapa negara, termasuk negara anggota Uni Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat, telah memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia, memukul bank dan maskapai terbesar, di antara entitas lainnya.

Baca Juga :
Rebut Lapangan Terbang Dekat Kiev, Rusia Kerahkan hingga 200 Helikopter

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mendesak Moskow menghentikan kampanye militernya melawan Ukraina.

Sejauh ini negara-negara Barat hanya menerapkan sanksi dan membiarkan rakyat Ukraina bertempur sendirian melawan Rusia.

Original Source

Topik Menarik