Ketegangan Meningkat, Zelensky Ajak Putin Bertemu

Ketegangan Meningkat, Zelensky Ajak Putin Bertemu

Global | sindonews | Minggu, 20 Februari 2022 - 08:03
share

MUNCHEN - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bertemu dan mencari resolusi atas krisis yang terjadi. Seruan itu dilakukan saat menghadapi lonjakan tajam dalam kekerasan di dan sekitar wilayah yang dikuasai oleh pemberontak yang didukung Rusia dan peringatan yang semakin mengerikan bahwa Rusia berencana untuk menyerang.

"Saya tidak tahu apa yang diinginkan presiden Federasi Rusia, jadi saya mengusulkan pertemuan," kata Zelensky di Konferensi Keamanan Munich, di mana dia juga bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris.

Zelenskyy mengatakan Rusia dapat memilih lokasi untuk pembicaraan.

"Ukraina akan terus mengikuti hanya jalur diplomatik demi penyelesaian damai," imbuhnya seperti dilansir dari AP, Minggu (20/2/2022).

Belum ada tanggapan langsung dari Kremlin terkait ajakan Zelensky ini.

Zelensky berbicara beberapa jam setelah para pemimpin separatis di Ukraina timur memerintahkan mobilisasi militer penuh pada Sabtu, sementara para pemimpin Barat semakin memperingatkan bahwa invasi Rusia terhadap tetangganya tampaknya sudah dekat.

Dalam tanda-tanda baru ketakutan bahwa perang bisa dimulai dalam beberapa hari, Jerman dan Austria mengatakan kepada warganya untuk meninggalkan Ukraina. Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa membatalkan penerbangan ke ibu kota, Kyiv, dan ke Odessa, pelabuhan Laut Hitam yang bisa menjadi target utama dalam invasi.

Kantor penghubung NATO di Kyiv mengatakan sedang merelokasi staf ke Brussel dan ke kota Lviv di Ukraina barat. Sementara itu, pejabat tinggi militer Ukraina berada di bawah serangan penembakan selama tur di depan konflik separatis hampir delapan tahun di Ukraina timur.

Para pejabat melarikan diri ke tempat perlindungan bom sebelum bergegas dari daerah itu, menurut seorang jurnalis Associated Press yang sedang dalam tur.

Kekerasan di Ukraina timur telah meningkat dalam beberapa hari terakhir karena Ukraina dan dua wilayah yang dikuasai pemberontak saling menuduh satu sama lain melakukan eskalasi.

Rusia pada hari Sabtu mengatakan setidaknya dua peluru yang ditembakkan dari bagian timur Ukraina yang dikuasai pemerintah mendarat di seberang perbatasan, tetapi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menolak klaim itu sebagai "pernyataan palsu."

Kekerasan sporadis telah pecah selama bertahun-tahun di sepanjang garis yang memisahkan pasukan Ukraina dari pemberontak yang didukung Rusia, tetapi serangan penembakan dan pengeboman baru-baru ini dapat memicu perang skala penuh.

Amerika Serikat dan banyak negara Eropa telah menuduh selama berbulan-bulan bahwa Rusia, yang telah memindahkan sekitar 150.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, mencoba membuat dalih untuk menyerang. Tuduhan yang berulang kali ditolak oleh Rusia.

Topik Menarik