Terungkap, Orang Yahudi Rela Ubah Penampilan seperti Muslim dan Ikut Shalat di Masjid Al Aqsa

Terungkap, Orang Yahudi Rela Ubah Penampilan seperti Muslim dan Ikut Shalat di Masjid Al Aqsa

Global | inewsid | Jum'at, 11 Februari 2022 - 15:26
share

YERUSALEM, iNews.id - Para ekstremis Yahudi rela mengubah penampilan layaknya seorang Muslim demi bisa masuk kompleks Masjid Al Aqsa. Seperti diketahui, Masjid Al Aqsa, tempat paling suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi, juga disakralkan oleh Yahudi. Mereka menyebut Masjid Al Aqsa sebagai Bait Suci.

Pemukim Yahudi dilarang memasuki kompleks suci yang dikelola lembaga wakaf Yordania tersebut untuk alasan apa pun. Dalam banyak kesempatan, pasukan Israel terpaksa mengawal pemukim Yahudi hingga terjadi bentrok dengan umat Islam di dalam kompleks.

Untuk mengakali agar mereka bisa masuk dan beribadah, para ekstremis Yahudi rela mengubah penampilan, seperti mencukur rambut, merawat jenggot, serta berpakaian ala Muslim.

Raphael Morris, seorang ekstrimis Yahudi, mengatakan kepada BBC, kelompoknya percaya bahwa kompleks Al Aqsa sebenarnya milik Yahudi.

"Saya beragama Yahudi, Yahudi-Zionis, dan saya percaya Bait Suci milik orang Yahudi karena apa yang kami sebut Tuhan telah menjanjikannya untuk kami dalam kitab suci," kata Morris, dikutip dari BBC, Jumat (11/2/2022).

Oleh karena itu dia dan penganut Yahudi lainnya berupaya dengan cara apa pun untuk bisa memasuki kompleks, termasuk mengubah penampilan.

"Mengganti pakaian, ganti topi, kadang-kadang juga mengecat sedikit rambut dan mencukurnya. Umat Islam shalat lima waktu dalam sehari. Kami juga ikut beribadah seperti mereka, hanya saja kami melantunkan doa dalam Yahudi," ujarnya.

Awalnya dia mengaku takut ketahuan, namun kelamaan menjadi biasa. Selama penyamaran tak terbongkar, Morris mengaku bisa terus beribadah menggunakan cara seperti umat Islam, namun doa yang dilantunkan sesuai ajarannya.

"Akhirnya bisa beribadah dan bebas berjalan-jalan di Bait Suci tanpa dikawal polisi," tuturnya.

Sementara itu aktivis Palestina Hanady Halawani menegaskan umat Islam akan terus membela Masjid Al Aqsa, termasuk tak akan membiarkan pemukim Yahudi orang masuk dengan cara apa pun.

"Sudah jelas masuknya para pemukim (Yahudi) dengan menyamar... serta meneror umat Islam yang shalat di Masjid, ini jelas (bermotif) politik," tutur perempuan yang juga guru Alquran tersebut.

Israel merebut dan menduduki Yerusalem Timur, tempat Masjid Al Aqsa berada, pada 1967 dalam Perang Arab-Israel. Umat non-Muslim sebenarnya diperbolehkan masuk ke kompleks tersebut namun tidak boleh beribadah.

Topik Menarik