Sejarah 6 Februari: Raja George VI Meninggal dalam Tidurnya, Elizabeth Diangkat Menjadi Ratu dalam Usia 27 Tahun

Sejarah 6 Februari: Raja George VI Meninggal dalam Tidurnya, Elizabeth Diangkat Menjadi Ratu dalam Usia 27 Tahun

Global | okezone | Minggu, 6 Februari 2022 - 04:00
share

INGGRIS - Pada 6 Februari 1952, setelah lama sakit, Raja George VI dari Inggris Raya dan Irlandia Utara meninggal dalam tidurnya di istana kerajaan di Sandringham . Putri Elizabeth, putri tertua dari dua putri raja dan penerusnya, berada di Kenya pada saat kematian ayahnya. Dia pun diangkat menjadi Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953, ketika usianya baru 27 tahun.

Raja George VI, putra kedua Raja George V, naik takhta pada tahun 1936 setelah kakak laki-lakinya, Raja Edward VIII, secara sukarela turun tahta untuk menikahi janda cerai Amerika Wallis Simpson. Selama Perang Dunia II, George bekerja untuk menggalang semangat rakyat Inggris dengan berkeliling zona perang, membuat serangkaian siaran radio sekaligus untuk mengatasi hambatan kesulitan bicara atau gagap yang dideritanya. Seiring waktu, kesehatannya mulai memburuk pada 1949, tetapi ia terus melakukan tugas negara sampai kematiannya pada 1952.

Adapun Ratu Elizabeth, lahir pada 21 April 1926, dan dikenal keluarganya sebagai Lilibet, dipersiapkan sebagai seorang gadis untuk menggantikan ayahnya. Dia menikah dengan sepupu jauhnya, Philip Mountbatten, pada 20 November 1947, di Westminster Abbey London. Anak pertama dari empat bersaudara Elizabeth, Pangeran Charles, lahir pada 1948.

Topik Menarik