8 Pemimpin Negara di Dunia yang Jenazahnya Diawetkan

8 Pemimpin Negara di Dunia yang Jenazahnya Diawetkan

Global | okezone | Minggu, 16 Januari 2022 - 07:50
share

KEMATIAN pemimpin negara meninggalkan duka mendalam untuk rakyatnya. Untuk mengenangnya, warga dapat mengunjungi makam sang pemimpin.

Namun, selain dimakamkan, ada juga pemimpin negara yang disemayamkan di dalam peti dan diawetkan dengan berbagai cara. Berikut sederet pemimpin dunia yang jenazahnya diawetkan, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (16/1/2022) :

1. Vladimir Ilyich Lenin

Vladimir Ilyich Lenin adalah politikus dan pemimpin terkenal dari Uni Soviet yang berkuasa pada 1917. Lenin dinyatakan meninggal pada 1924. Pria kelahiran 22 April 1870 di Simbirsk ini meninggal karena terserang stroke beberapa kali setelah ditembak musuh politiknya, Fanny Kaplan.

Lenin pernah berwasiat untuk dimakamkan di samping makam ibunya. Meskipun telah tiada, diktator Joseph Stalin tetap mengizinkan warganya untuk menziarahi jasad Lenin. Pemerintah Uni Soviet memutuskan tidak mengubur tetapi mengawetkannya. Jasad Lenin disemayamkan dalam peti kaca di Mausoleum Lenin di Lapangan Merah Moskow.

2. Kim II-sung

Kim II-sung merupakan pendiri sekaligus pemimpin pertama Korea Utara. Pria kelahiran 15 April 1912 ini sempat membentuk Down With Imperialism Union, sebuah organisasi perlawanan imperialisme Jepang pada Oktober 1926.

Kim II-sung dikabarkan meninggal pada 8 Juli 1994 karena serangan jantung. Jenazahnya pun diawetkan dengan cara dibalsem dan disemayamkan di peti kaca. Jasad Kim II-sung dibaringkan di Mausoleum Istana Kumsusan, Pyongyang, yang diresmikan pada tahun 1995.

3. Ho Chi Minh

Ho Chi Minh adalah seorang pemimpin Vietnam yang lahir dengan nama asli Nguyen Sinh Cung. Dikenal dengan julukan Paman Ho, Ho Chi Minh menggelorakan pembebasan Vietnam dan menjadi simbol kemerdekaan Vietnam.

Diketahui Ho Chi Minh meninggal karena serangan jantung pada 2 September 1969 di Hanoi. Tepatnya saat Dirgahayu Republik Demokrasi Vietnam ke-44. Jasad pemimpin yang lahir pada 19 Mei 1890 di Kim Lien ini ternyata diawetkan dengan cara dibalsem. Setelah itu, disemayamkan di Mausoleum Ho Chi Minh, Lapangan Ba Dinh, Hanoi.

Topik Menarik