Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Begini 5 Cara Mudah Menghilangkannya

Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Begini 5 Cara Mudah Menghilangkannya

Gaya Hidup | probolinggo.inews.id | Kamis, 25 April 2024 - 10:40
share

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Berikut adalah cara untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Banyak orang menyukai ikan air tawar atau asin sebagai hidangan favorit. Ikan adalah sumber protein hewani yang baik, dan mengandung berbagai zat penting seperti omega, flourida, zat besi, magnesium, dan yodium.

Namun, terkadang saat menikmati hidangan ikan, duri ikan dapat tersangkut di tenggorokan secara tidak sengaja. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan kesulitan dalam bernapas.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, dikumpulkan dari berbagai sumber.

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan

1. Mengkonsumsi Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun jadi salah satu cara yang terbilang efektif saat keselek duri ikan. Cobalah minum minyak zaitun 1 atau 2 sendok dan tunggulah hingga duri ikan keluar masuk ke saluran pencernaan. 

2. Minum Air Garam

Minum air garam bisa jadi salah satu cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Caranya dengan mengambil segelas air hangat, lalu tambahkan sedikit garam dan aduk hingga larut.

Setelah meminum air garam, duri ikan akan langsung masuk ke saluran pencernaan. Jika cara ini tidak berhasil, maka carilah metode lainnya. Sebab, air garam tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. 

 

3. Menggunakan Mentega

Tak hanya minyak zaitun, mentega juga bisa dijadikan sebagai pelumas untuk melicinkan area tenggorokan. Meski tidak enak dikonsumsi, cobalah untuk makan satu hingga dua sendok untuk membantu melembabkan area tenggorokan. 

4. Batuk

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri ikan di tenggorokan adalah dengan batuk. Batuk dapat menciptakan dorongan udara yang kuat di area sekitar tenggorokan. 

Dengan melakukan batuk secara terus menerus, duri ikan dapat terdorong dan keluar dari tenggorokan. 

5. Menjalani Perawatan Medis

Jika cara-cara di atas tidak dapat mengatasi duri tersangkut di tenggorokan, jangan ragu untuk mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat. Lakukan konsultasi jika kamu menemukan hal-hal seperti nyeri di dada, air liur berlebihan, hingga memar atau pembengkakan. 

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik