Ketika Semua Musisi Surabaya Berkumpul

Ketika Semua Musisi Surabaya Berkumpul

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 21:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Halal bihalal merupakan tradisi unik Indonesia yang digelar pasca Ramadan. Pada momen ini, masyarakat berkumpul untuk saling meminta maaf dan mempererat silaturahmi, khususnya selama Idul Fitri.

Halal bihalal menjadi oase yang mampu mempersatukan semua etnik. Di Indonesia, tradisi ini bukan hanya milik umat Islam, namun semua kalangan masyarakat yang berbeda agama pun ikut merayakannya. Baik dalam lingkungan perusahaan, keluarga, bahkan komunitas-komunitas yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Seperti di kota Surabaya, tradisi halal bihalal juga digelar oleh para musisi. Tak ayal, ketika semua musisi Surabaya berkumpul, suasana menjadi renyah dan hangat.

Para musisi itupun menjadikan momen halal bihalal cukup epik, berbeda dari komunitas lainnya. Kekompakan para pekerja seni di Surabaya itupun begitu terasa ketika mereka menyumbangkan suara emas secara bersahutan.

Ruangan Bima Restaurant Gentengkali pada Jumat 19 April 2024 sontak serasa ada konser dadakan yang diisi oleh musisi dari usia 13 hingga 80 tahun.

Halal bihalal musisi tersebut digelar oleh Surabaya Entertainment Club(SEC) danSurabaya Pahlawan Jazz(SPJ) besutan anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia.

"Setelah banyak kawan mudik, kini saatnya berkumpul kembali untuk saling bermaaf-maafan. Intinya saya senang bisa mengumpulkan SEC dan SPJ," ucap Indah Kurnia.

Rupanya, halal bihalal yang diinisiasi Indah Kurnia ini menjadi kesempatan emas bagi Raphael Evorius Timothy (Peppo). Drummer berusia 13 tahun itu sempat mempertontonkanskill-nya dengan bersolo drum.

"Ini halal bihalal yang keren. Suka karena bisa ketemu musisi-musisi senior. Bisa ngejamm bareng," ujar drummer yang tinggal di kawasan Manukan, Surabaya, itu.

Sedangkan yang usia 70-80 tahun ke atas ada banyak juga. Salah satunya adalahSuzy Nander, drummerDara Puspita. Usianya sudah hampir 77 tahun. Namun, dia masih terlihat prima. Suzy hadir bersama putrinya. Dia tampak menikmati suasana halal bihalal tersebut.

"Senang, dong. Bisa ketemu kawan-kawan lama. Menikmati musik, nyanyi, berasa jadi muda lagi," ujar Suzy, kemudian tertawa. Di hadapannya ada Didieth Sakhsana, musisi senior, basis band rock Big Panzer.

"Minal aidzin wal faidzin gae arek-arek kabeh(maaf lahir batin untuk kawan-kawan semua, Red)," ujarnya, sembari mengacungkan jempol.

Musisi senior lainnya adalah M Arfan. Usianya telah 80 tahun. Ia merupakan vokalis band kawakan asal Surabaya: Yeah Yeah Boys. Ia masih bersemangat, mengelilingi meja demi meja dan bertemu kawan-kawan musisi.

"Ada yang sudah lama tidak ketemu, bisa ketemu di sini. Musik memang menyatukan semua orang," ungkapnya. Ia pun menikmati pertunjukan para musisi yang tampil. Salah satunya adalah Pritta Kartika.

Dia membawakan dua lagu dengan jangkauan vokal yang tinggi dan penuh teknik.Sebagai guru vokal sekaligus jebolan ajang pencarian bakat, Pritta mampu menguasai lagu-lagu yang dibawakannya.

Selain dia, terdapat beberapa musisi yang unjuk gigi. Seperti Jotibet, Runaway, Cossindos, Hybid, Jazzversity, Jazznesa, Abohe, Casino, Klantink, dan sebagainya.

Klantink membawakan dua lagu daerah yang diaransemen ulang. YakniGundul-Gundul PaculdanJaranan. Ada pula musisi asal Bali yang diundang oleh SPJ.

"Namanya Penina. Musisi jazz yang cukup populer di Pulau Dewata. Dia akan tampil menghibur para pengunjung," ujar FX Boy, ketua SPJ.

Rocker Iroel Maulana tampil pula membawakan laguKnockin on Heaven's Doorkarya Eric Clapton. Pendek kata, berbagai genre musik dibawakan dalam acara Halal Bihalal SPJ-SEC itu.

Jessica Nonie, member SEC yang bertugas di meja tamu, memperkirakan bahwa tamu yang datang mencapai lebih dari 300 orang.

"Tiap tamu duduk mengitari meja bulat. Tiap meja ada 5-10 orang. Ini puluhan meja penuh. Jadi ya 300 orang lebih. Kawan-kawan yang bergabung di SEJ dan SPJ memang banyak," ungkapnya.

Dalam acara itu digelar door prize dengan hadiah-hadiah menarik untuk para seniman. Indah langsung yang memandu door prize tersebut, sekaligus menyerahkan hadiahnya. Para member SEC dan SPJ, serta para undangan, larut dalam kebersamaan.

Topik Menarik