Kembali ke Rutinitas, 6 Tips Jaga Kesehatan Pasca Lebaran

Kembali ke Rutinitas, 6 Tips Jaga Kesehatan Pasca Lebaran

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 10:30
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setelah merayakan Lebaran merupakan hal penting bagi semua yang menjalankan, dan mengelola stres menjadi salah satu langkah yang perlu dilakukan.

Ada banyak cara untuk merayakan hari Lebaran, termasuk melalui silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar.

Tradisi ini seringkali disertai dengan berbagai pilihan makanan lezat seperti ketupat, opor ayam, dan hidangan khas daerah lainnya. Kehadiran sajian makanan yang menggugah selera ini sering kali meningkatkan nafsu makan.

Namun, jika tidak mengendalikan nafsu makan, kemungkinan mengalami peningkatan berat badan pasca Lebaran menjadi hal yang patut diperhatikan.

Maka tak jarang, setelah merayakan Lebaran, beberapa keluhan kesehatan seperti pusing atau perut kembung bisa muncul. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk kembali menerapkan pola hidup sehat pasca Lebaran. Dan berikut beberapa tips yang dapat diterapkan.

1. Perbaiki pola makan: Mulailah dengan memperbaiki pola makan, termasuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan teratur. Setelah menjalani puasa selama sebulan penuh, pola makan sering kali menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, penting untuk kembali merancang pola makan atau rutinitas yang tepat agar kesehatan tetap optimal.

2. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat guna mengurangi risiko keluhan kesehatan pasca Lebaran. Makanan khas Lebaran seringkali kaya akan lemak, santan, dan garam. Oleh karena itu, disarankan untuk kembali seimbangkan dengan berbagai pilihan makanan sehat.

3.Perbanyak makan sayur dan buah: Tambahkan lebih banyak sayur dan buah dalam menu harianmu untuk memperoleh nutrisi yang cukup dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bisa mulai dengan sayur atau buah kesukaanmu misalnya brokoli, wortel, mangga, alpukat, dan lain-lain. Kemudian, cobalah sayur dan buah yang lebih bervariasi. Rutin mengonsumsi sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Selain itu, ini juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

4.Perbaiki pola minum: Pastikan untuk minum cukup air setiap hari dan hindari minuman yang mengandung gula tambahan atau kafein berlebihan. Saat menjalani puasa, biasanya air putih dikonsumsi saat sahur, berbuka puasa, dan setelah berbuka puasa. Namun, setelah perayaan Lebaran, disarankan untuk meningkatkan pola minum dengan minum 2-3 liter air putih setiap hari.

5.Perbaiki pola tidur: Jaga pola tidur yang teratur dan cukup untuk memastikan tubuhmu mendapatkan istirahat yang baik setiap malam.

6.Mengurangi konsumsi cepat saji: Kurangi atau hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung lemak jenuh serta gula tambahan untuk mendukung kesehatan jantung dan mengontrol berat badan.

Melakukan olahraga: Sisihkan waktu untuk melakukan olahraga secara teratur, baik itu jalan cepat, berlari, atau latihan kekuatan, untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan. (*)

Topik Menarik