10 Asal-usul Nama Band Terkenal yang Mengejutkan, Foo Fighters Terinspirasi dari UFO

10 Asal-usul Nama Band Terkenal yang Mengejutkan, Foo Fighters Terinspirasi dari UFO

Gaya Hidup | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 22:00
share

Ada beberapa kisah menarik tentang asal-usul nama band terkenal yang mungkin mengejutkan penggemar. Ini dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang musik band dan bahkan tentang musisi itu sendiri.

Mulai dari para raksasa heavy metal yang menamai diri mereka dengan lagu folk, hingga band rock yang diberi nama sesuai dengan nama guru olahraga yang dibenci. Kreativitas beberapa grup ini tidak terbatas pada lirik saja.

Para band terkenal ini juga mengekspresikannya dengan nama band mereka. Berikut asal-usul nama band terkenal yang mengejutkan dilansir dari Stars Insider, Rabu (17/4/2024).

10 Asal-usul Nama Band Terkenal yang Mengejutkan

Baca Juga: Sheila On 7 Gelar Konser Tunggal Tunggu Aku di 5 Kota, Catat Lokasi dan Tanggalnya!

1. The Beatles

Foto/Stars Insider

Ada sejumlah teori tentang bagaimana The Beatles mendapatkan namanya. Menurut beberapa sumber, terinspirasi dari rocker Buddy Holly yang grup pendukungnya bernama Crickets. Keempat anggota Beatles adalah penggemar beratnya, jadi mereka memutuskan untuk menamai diri mereka dengan nama Crickets lain.

2. No Doubt

Foto/Stars Insider

Dibentuk pada 1986, hampir satu dekade sebelum meledak, No Doubt awalnya adalah band ska dengan penyanyi utama bernama John Spence dan Gwen Stefani sebagai vokalis sekunder.

Spence menyukai ungkapan "No Doubt", yang merupakan asal muasal nama grup tersebut. Sayangnya, Spence meninggal karena bunuh diri bulan Desember 1987 pada usia 18 tahun.

3. Linkin Park

Foto/Stars Insider

Para anggota band mendapat nama Linkin Park dari dekat Lincoln Park di kampung halaman mereka, Santa Monica, California.

4. Green Day

Foto/Stars Insider

Ini semua tentang kesukaan para anggota terhadap ganja. Band ini didirikan di Bay Area, di mana green day adalah bahasa gaul untuk hari yang dihabiskan tanpa melakukan apa pun selain menghisap ganja.

5. Lynyrd Skynyrd

Foto/Stars Insider

Di masa sekolah, calon anggota Lynyrd Skynyrd memiliki seorang guru olahraga yang tidak mereka sukai bernama Leonard Skinner. Dia dilaporkan bersikap keras karena memanjangkan rambut mereka. Sebagai bentuk pemberontakan, mereka menamai band dengan nama guru tersebut.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Konser Tunggal Sheila On 7 yang Mulai Dijual 27 April

6. Radiohead

Foto/Stars Insider

Band 90-an ini mengambil namanya dari lagu Radiohead tahun 1986 oleh Talking Heads. Anggota band Thom Yorke mengatakan bahwa nama tersebut meringkas semua hal tentang menerima sesuatu.

“Ini tentang cara Anda menerima informasi, cara Anda merespons lingkungan tempat Anda berada,” kata Yorke.

7. Foo Fighters

Foto/Stars Insider

Nama kelompok Dave Grohl pasca-Nirvana diambil dari nama UFO yang terlihat selama Perang Dunia II. Foo Fighter dulunya adalah istilah untuk benda terbang tak dikenal.

8. Oasis

Foto/Stars Insider

Saat nongkrong, keluarga Gallagher dan kawan-kawan melihat iklan band yang sedang tur. Salah satu tempat yang terdaftar adalah klub bernama The Oasis. Jadi mereka menemukan nama band untuk diri mereka sendiri.

9. Iron Maiden

Foto/Stars Insider

Bassist Iron Maiden, Steve Harris mengaitkan nama band yang digawanginya dengan adaptasi film 1939 dari novel The Man in the Iron Mask (1850) karya Alexandre Dumas. Judulnya mengingatkan Harris pada alat penyiksaan iron maiden.

10. Aerosmith

Foto/Stars Insider

Drummer Joey Kramer sedang mendengarkan Aerial Ballet dengan Harry Nilsson bersama pacar SMA-nya. Keduanya mulai memikirkan nama band dengan aero, dan Kramer memilih Aerosmith.

Bertahun-tahun kemudian, ketika mencoba memikirkan nama band dengan Steven Tyler dan Joe Perry, Kramer mengingat nama itu dan meyakinkan mereka untuk menggunakannya.

Baca Juga: 3.000 Penggemar Taylor Swift Kena Tipu Tiket Konser Eras Tour Inggris

Topik Menarik