Doa Ziarah Kubur Orang Tua Saat Lebaran Idul Fitri yang Perlu Diamalkan Umat Muslim

Doa Ziarah Kubur Orang Tua Saat Lebaran Idul Fitri yang Perlu Diamalkan Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Rabu, 10 April 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNews.id - Doa ziarah kubur orang tua saat lebaran Idul Fitri berikut bisa jadi pedoman umat Muslim. Lebaran jadi momen yang paling dinantikan setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

Salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Hari Raya Idul Fitri adalah ziarah kubur. Selain mendoakan ahli kubur, amalan satu ini juga dijadikan sebagai pengingat kita yang masih hidup akan kematian.

Adapun, ziarah kubur merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Hakim,

Artinya: "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)." (HR Hakim).

Doa Ziarah Kubur Orang Tua Saat Lebaran Idul Fitri

Berikut doa ziarah kubur orang tua saat lebaran Idul Fitri yang dilansir dari laman NU Online, Selasa (9/4/2024).

1. Mengucapkan Salam untuk Ahli Kubur

Latin:

Assalmu 'al ahlid diyr minal mu'minna wal muslimn yarhamukumuLlhul-mustaqdimn minkum wa minn wal musta'khirn, wa wa inn insy-Allhu bikum lhiqn.

Artinya:

"Assalamualaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan [yang telah mendahului dan akan menyusul] kami. Sesungguhnya kami insyaAllah akan menyusul kalian."

2. Membaca Istighfar

Lalu, dilanjutkan dengan membaca istighfar memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata'ala.

Latin:

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.

Artinya:

"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3. Membaca Kalimat Tahlil

Latin:

Laailaaha Illallah

Artinya : "Tiada Tuhan selain Allah."

4. Membaca Doa Ziarah Kubur untuk Ahli Kubur

,

Latin:

Allahummaghfrlahu war hamhu wa 'aafh wa'fu anhu, wa akrm nuzuulahu wawass' madholahu, waghslhu bl maa' watssalj walbarad, wa naqqh, mnaddzzunub wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mnad danas.

Wabdlhu daaran kharan mn daarh wa zaujan kharan mn zaujh. Wa adkhlhul jannata wa adzhu mn adzabl qabr wa mn adzabnnaar wafsah lahu f qabrh wa nawwr lahu fh.

Artinya:

"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR Muslim)

Demikian ulasan mengenai doa ziarah kubur orang tua saat lebaran Idul Fitri. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik