Cara Nabi Muhammad SAW Merayakan Hari Raya Idul Fitri yang Patut Diketahui Umat Muslim

Cara Nabi Muhammad SAW Merayakan Hari Raya Idul Fitri yang Patut Diketahui Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Selasa, 9 April 2024 - 19:33
share

JAKARTA, iNews.id - Cara Nabi Muhammad SAW merayakan Hari Raya Idul Fitri akan diulas berikut ini. Tak terasa tinggal menghitung hari kita akan berpisah dengan Ramadhan 1445 H.

Setelah berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim akan merayakan di Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Berbagai tradisi pun dilakukan di hari kemenangan tersebut.

Adapun, umat Muslim perlu mengetahui bahwa Hari Raya Idul Fitri hendaknya dirayakan dengan tidak berlebihan. Sesuai dengan yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Lantas, bagaimana cara Nabi Muhammad SAW merayakan Hari Raya Idul Fitri? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari laman NU Online Jumat (5/4/2024).

Cara Nabi Muhammad SAW Merayakan Hari Raya Idul Fitri

1. Menggunakan Pakaian Terbaik

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri adalah menggunakan pakaian terbaik. Hal ini berdasarkan buku Fiqh Us-Sunnah: Supererogatory Prayers dari As-Sayyid Sabiq.

Di buku tersebut Ibn Al-Qayyim menyebutkan, "Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah (cloak) khusus yang hanya dipakai pada dua Hari Raya dan Jumat,"

2. Makan Sebelum Sholat Idul Fitri

Kebiasaan lainnya yang dilakukan Nabi Muhammad di Hari Raya Idul Fitri adalah makan sebelum sholat Idul Fitri. Ini telah dijelaskan dalam Kitab Muwatta Malik, yang disusun oleh Imam Malik bin Anas.

.

Artinya: "Yahya menceritakannya kepadaku dari Malik dari Ibnu Syihab, yang diceritakan Said Al-Musayyab, jika orang-orang diperintahkan makan terlebih dulu sebelum berangkat sholat Idul Fitri. Menurut Malik, orang-orang tidak melakukan kebiasaan tersebut pada Idul Adha."

3. Membayar Zakat Fitrah

Tak hanya mengenakan pakaian terbaik dan makan, Nabi Muhammad terbiasa membayar zakat sebelum Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan satu ini telah dijelaskan dalam kitab Bulughul-Maram.

: { - - ; , , , , . } , ,

Artinya: Ibn 'Abbas (RAA) menceritakan, "Rasulullah SAW ikut membayar zakat fitrah atas puasa Ramadhan untuk membersihkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak menyenangkan serta menyediakan makanan bagi yang memerlukan. Disebut Zakat bagi yang membayar sebelum sholat Idul Fitri dan Shadaqah bagi yang membayar setelah sholat Idul Fitri." Diceritakan Abu Dawud dan Ibnu Majah dan Al-Hakim dan berderajat shahih.

4. Menempuh Rute Pergi dan Pulang yang Berbeda

Setelah mendirikan sholat Idul Fitri, Nabi Muhammad terbiasa mengambil atau menempuh rute pulang yang berbeda dengan di saat pergi.

:

Artinya: Seperti diceritakan Jabir (Semoga Allah SWT berkenan atasnya), "Saat sholat Idul Fitri dan Idul Adha, Rasulullah SAW akan berangkat dengan rute yang berbeda dengan saat pulang." (HR Bukhari dan Muslim).

5. Tidak Berlebihan dalam Merayakan

Meski bertajuk hari kemenangan, nyatanya Hari Raya Idul Fitri tidak boleh dilakukan dengan hal-hal yang berlebihan.

. . " "

Artinya: Seperti diceritakan Aisyah: Abu Bakar masuk setelah aku dan ada dua gadis Ansar bersamaku sedang bernyanyi tentang Hari Bu'ath. Aisyah berkata, "Mereka bukan penyanyi." Abu Bakar kemudian berkata, "Ada alat setan di rumah Rasulullah SAW?" Saat itu adalah Idul Fitri dan Rasulullah SAW berkata, "Ya Abu Bakar, tiap orang punya festival dan ini adalah perayaan kita." (HR Ibnu Majah).

Demikian ulasan mengenai cara Nabi Muhammad SAW merayakan Hari Raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik