Dzikir Malam Lebaran Idul Fitri yang Bisa Diamalkan Umat Muslim  

Dzikir Malam Lebaran Idul Fitri yang Bisa Diamalkan Umat Muslim  

Gaya Hidup | inews | Selasa, 9 April 2024 - 12:13
share

JAKARTA, iNews.id - Dzikir malam lebaran Idul Fitri menarik untuk diulas kali ini. Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari raya besar untuk umat Muslim.

Sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim biasanya menghidupkan malam takbiran dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melantunkan bacaan dzikir.

Adapun, anjuran untuk melantunkan bacaan dzikir pada malam takbir sebelum Hari Raya Idul Fitri telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Berikut firmanNya dalam Al-Baqarah ayat 185,

Artinya: Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dzikir Malam Lebaran Idul Fitri

Mengutip buku Fiqih Praktis I, karya Bagir (2016), Senin (8/4/2024), berikut bacaan dzikir malam lebaran Idul Fitri.

Arab Latin: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu.

Artinya: "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya."

Tak hanya membaca bacaan dzikir, umat Muslim juga disunnahkan untuk mengumandangkan takbir. Berikut lafadznya:

Latin:

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na'budu illa iyyahu mukhlishina lahud dana wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.

Artinya:

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafiq, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan keesaan-Nya, Dia dzat yang menepati janji, dzat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentara-Nya dan menyiksa musuh dengan keesaan-Nya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar.

Demikian ulasan mengenai dzikir malam lebaran Idul Fitri. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik