14 Wisata Alam di Banyumas yang Bikin Romantis, Agendakan Saat Libur Lebaran

14 Wisata Alam di Banyumas yang Bikin Romantis, Agendakan Saat Libur Lebaran

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Senin, 8 April 2024 - 10:31
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Libur Lebaran sebentar lagi. Bagi yang berencana untuk menghabiskan libur Lebaran di Purwokerto, jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai tempat wisata di Banyumas yang menarik.

Daerah ini memiliki beragam destinasi wisata yang patut dikunjungi dan membikin romantis.

Karena terletak di lereng Gunung Slamet, tempat-tempat wisata di Banyumas menawarkan keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pesona air terjun hingga pemandian air belerang yang hangat.

Tidak hanya menampilkan keindahan alam, tetapi tempat-tempat wisata di Banyumas juga memperkenalkan berbagai kekhasan daerah tersebut.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang dapat Anda nikmati atau kunjungi selama liburan Lebaran tahun 2024:

1. Lokawisata Baturraden


Lokawisata Baturraden. Foto: Arbi Anugrah

Lokawisata Baturraden telah menjadi destinasi populer sejak lama. Terletak di lereng selatan Gunung Slamet, Lokawisata Baturraden hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Purwokerto.

Tempat ini memiliki banyak spot menarik yang cocok untuk berselfie bersama keluarga atau teman. Akses menuju Baturraden sangat mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Saat ini, terdapat juga layanan bus Trans Banyumas yang mengangkut pengunjung dari Kota Purwokerto ke Baturraden.

Fasilitas yang tersedia di Baturraden antara lain waterpark, gazebo, area parkir luas, toilet dan kamar mandi, musala, tempat duduk, berbagai wahana permainan, spot foto, warung makan, kafe, dan lainnya.

2. Hutan Pinus Limpakuwus


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)

Hutan Pinus Limpakuwus, yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di daerah tersebut.

Dengan keindahan alamnya yang luar biasa, pemandangan pepohonan pinus yang rimbun dan asri, Hutan Pinus Limpakuwus semakin menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahannya.

Di sini, wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berkemah, hiking, bersepeda, dan berfoto di berbagai spot yang tersedia. Hutan Pinus Limpakuwus memiliki luas sekitar 24 hektar dan menjadi salah satu hutan pinus terluas di Jawa Tengah.

Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Banyumas di warung-warung yang berada di sekitar Hutan Pinus Limpakuwus.

3. Menggala Ranch Banyumas


Menggala Ranch di Cilongok. (Foto: iNewsPurwokerto)

Menggala Ranch Banyumas adalah tempat wisata petualangan seru di tengah hutan yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Terletak di Desa Menggala, Kecamatan Cilongok, Banyumas, tempat wisata ini menawarkan kegiatan berkuda, melintasi hutan pinus yang indah, dan menikmati udara segar yang jauh dari keramaian kota.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana kampung dengan berkunjung ke peternakan sapi dan kandang kuda yang berada di dalam area wisata ini. Menggala Ranch Banyumas buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

4. Bukit Teng Tung


Bukit Teng Tung yang terletak di Baturraden. (Foto: Istimewa)

Wisata Bukit Teng Tung terletak di kawasan Baturraden, tepatnya di Desa Karangsalam Lor, Kecamatan Baturraden. Tempat wisata ini memberikan nuansa yang asyik, terutama jika dikunjungi bersama keluarga dan menginap di kawasan tersebut.

Pengunjung dapat menikmati panorama yang berbeda antara pagi dan malam hari. Pada malam hari, Anda dapat melihat keindahan Kota Purwokerto dari arah selatan, sementara pada pagi hari, Anda dapat melihat keindahan Gunung Slamet dari arah utara.

5. Telaga Sunyi

Di Banyumas, terdapat banyak tempat wisata alam yang bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama keluarga tercinta. Salah satu destinasi yang cocok untuk piknik adalah Telaga Sunyi, yang terletak di Baturraden dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Telaga Sunyi di Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, memberikan kesegaran dengan airnya yang jernih serta memberikan kesempatan untuk merelaksasi jiwa dan pikiran yang penat. Saat liburan tiba, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata alam yang indah ini di Banyumas.

Tempatnya berlokasi di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, dengan jarak sekitar 16 km dari pusat Kota Purwokerto. Di Telaga Sunyi, Anda dapat menikmati keindahan alamnya serta fasilitas yang disediakan, seperti area parkir kendaraan wisata, toilet dan kamar mandi, gazebo, tempat duduk, dan warung wisata.

6. Curug Jenggala


Curug Jenggala (Foto: Instagram)

Purwokerto dan Banyumas memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Curug Jenggala. Selain keindahan air terjunnya, Curug Jenggala juga menawarkan berbagai spot foto yang instagramable, cocok untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 18.00 WIB dan berlokasi di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan, dengan jarak sekitar 20 km dari pusat Kota Purwokerto.

Nikmati liburan Anda dengan fasilitas yang tersedia di Curug Jenggala, termasuk spot foto instagramable, toilet, mushola, warung wisata, dan gazebo.

7. Kebun Raya Baturaden


Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto).

Kebun Raya Baturaden merupakan destinasi populer untuk liburan keluarga di Purwokerto, Banyumas. Lokasinya berada di Wanawisata Baturraden, Berubahan, Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturaden buka setiap hari mulai dari jam 08.00 - 16.00 WIB. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai spot dan wahana wisata bersama keluarga Anda. Fasilitas yang disediakan termasuk area outbond, camping ground, toilet dan kamar mandi, tempat parkir kendaraan, pusat informasi, warung wisata, penginapan, wahana permainan, spot foto menarik, dan lainnya.

8. Curug Bayan


Curug Bayan menjadi salah satu tempat rekomendasi wisata Purwokerto buat kalian yang ingin menyelami kesegaran air dari Kaki Gunung Slamet. (Foto: Instagram/@curug_bayan).

Curug Bayan adalah salah satu pesona alam tersembunyi di Banyumas. Keindahan air terjun ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan menenangkan jiwa. Banyak tempat piknik menarik lainnya di Banyumas yang menawarkan pemandangan air terjun yang memesona.

Bagi Anda yang ingin merasakan kesegaran air dari kaki Gunung Slamet, Curug Bayan adalah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan di Purwokerto. Tempat ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, terutama pada akhir pekan atau saat libur panjang.

Curug Bayan terletak di Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Akses jalan yang mudah membuat perjalanan menuju Curug Bayan semakin nyaman, dengan jarak sekitar 13 km dari pusat Kota Purwokerto.

Nikmati liburan yang menyenangkan di Curug Bayan Purwokerto dengan fasilitas yang disediakan, seperti warung wisata, penginapan, area parkir kendaraan, gazebo, dan tempat duduk.

9. Curug Cipendok


Curug Cipendok yang menawan. (Foto: IG curugcipendok)

Banyumas memiliki banyak air terjun yang menawan, dan salah satu yang patut dikunjungi adalah Curug Cipendok di Cilongok, Banyumas. Nikmati segarnya alam Banyumas di tempat ini bersama keluarga Anda.

Anda dapat mengunjungi Curug Cipendok dengan kendaraan, dengan waktu tempuh sekitar 23 km dari pusat Kota Purwokerto. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti berenang, berfoto, dan berjalan-jalan.

Fasilitas yang disediakan termasuk area parkir, mushola, wahana bermain anak-anak, warung wisata, outbond area, toilet, spot foto menarik, dan cottage.

10. Curug Nangga


Curug Nangga yang terlihat begitu menarik. (Foto: Instagram)

Curug Nangga adalah destinasi wisata alam terbaru yang menakjubkan di Banyumas, dengan keindahan alamnya yang mempesona. Di tengah banyaknya tempat piknik menarik di Banyumas, Curug Nangga menjadi salah satu yang patut Anda kunjungi bersama keluarga.

Terletak di Petahunan, Pekuncen, Banyumas, Curug Nangga dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, dengan jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Purwokerto. Dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl, Curug Nangga menawarkan panorama alam yang menenangkan.

Selain menikmati keindahan alamnya, liburan Anda di Curug Nangga Banyumas akan semakin berkesan dengan adanya fasilitas seperti area parkir kendaraan, toilet dan kamar mandi, spot foto menarik, gazebo, dan warung wisata.

11. Curug Gomblang


Curug Gomblang salah satu destinasi wisata menarik. (Foto: Instagram)

Curug Gomblang merupakan salah satu objek wisata air terjun yang menarik di Purwokerto, cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan. Anda bisa menikmati pesona keindahannya yang memukau dan menikmati ketenangan alam.

Nikmati liburan yang menyenangkan dengan menikmati panorama indah dan spot foto menarik di Curug Gomblang Banyumas. Curug Gomblang buka setiap hari dari pukul 08.00 17.00 WIB.

Selain menawarkan keindahan alam yang memikat, Curug Gomblang juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti area parkir kendaraan, area camping, outbound dan playground, toilet dan kamar mandi, spot foto menarik, dan warung wisata.

12. Pancuran Pitu


Pancuran Tujuh (Foto: Istimewa)

Pancuran Pitu adalah salah satu objek wisata populer di Banyumas yang menawarkan spot menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda dapat merasakan kesegaran dengan berendam di air hangat di tempat ini, yang dapat membuat badan dan pikiran menjadi rileks dan segar kembali.

Nikmati ketenangan jiwa sambil menikmati pesona alam dan spot menarik di obyek wisata Pancuran Pitu Baturraden. Lokasinya berada di Lokawisata Baturaden, Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Pancuran Pitu buka setiap hari dari jam 08.00 16.00 WIB.

Banyak spot menarik yang dapat dinikmati di Pancuran Pitu, dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan, pijat belerang, spot berendam, warung wisata, pusat oleh-oleh, kamar mandi, dan akses jalan setapak.

13. Curug Ceheng


Curug Ceheng yang menjadi salah satu air terjun yang menarik di Banyumas. (Foto: Instagram)

Curug Ceheng adalah salah satu destinasi wisata alam imperdible di Banyumas saat liburan. Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Nikmati kesegaran dan kejernihan air dari Gunung Slamet yang akan menyegarkan semangat Anda. Rasakan keindahan alam Curug Ceheng bersama keluarga tercinta. Tempat wisata terjangkau di Banyumas ini terletak di Gandatapa, Kecamatan Sumbang.

Curug Ceheng buka 24 jam setiap hari, memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alamnya kapan saja. Liburan Anda di Curug Ceheng akan semakin menyenangkan dengan fasilitas yang tersedia seperti area parkir yang luas, warung wisata, gazebo, spot foto, dan toilet.

14. Bukit Watu Meja


Panorama dari Bukit Watu Meja di Kebasen. (Foto: IG kebasenkeren)

Salah satu destinasi wisata terbaru yang direkomendasikan untuk melepas penat dan stres di Banyumas, Jawa Tengah adalah Bukit Watu Meja. Pemandangan alam yang memukau akan membawa Anda ke dalam suasana yang nyaman, ditambah dengan banyak spot foto yang Instagramable.

Anda dapat mengabadikan momen indah di media sosial Anda dengan latar belakang pemandangan alam yang mempesona. Lokasi Bukit Watu Meja berada di Jl. Raya Patikraja - Kebasen, Tumiyang Kidul, Kecamatan Kebasen.

Tempat wisata terjangkau di Banyumas ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Anda dapat menikmati keindahan Bukit Watu Meja dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang dapat dikunjungi untuk mengisi liburan Lebaran tahun 2024. Selamat menikmati liburan!

Topik Menarik