6 Destinasi Wisata di Sepanjang Jalur Pansela, Pas Buat Healing saat Mudik

6 Destinasi Wisata di Sepanjang Jalur Pansela, Pas Buat Healing saat Mudik

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 8 April 2024 - 09:30
share

Sederet destinasi wisata di sepanjang jalur Pansela (Pantai Selatan) menarik dikunjungi saat mudik Lebaran 2024. Sebab, rute ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Karena itu, tidak heran jika jalur Pansela menjadi alternatif untuk mudik Lebaran. Mereka yang melewati rute ini saat menuju kampung halaman pun bisa sekaligus healing dengan mengunjungi destinasi wisata yang ada.

Di mana di sepanjang jalur mudik yang membentang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur ini menawarkan sejumlah destinasi wisata yang ciamik. Mulai dari pantai hingga goa, Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga tercinta.

Destinasi Wisata di Sepanjang Jalur Pansela

Berikut destinasi wisata di sepanjang Jalur Pansela yang menarik dikunjungi saat mudik Lebaran dirangkum dari Indonesia Travel, Senin (8/4/2023).

1. Kawah Putih - Bandung

Foto/Indonesia Travel

Kawah Putih terletak di jalur menuju Cianjur yang juga merupakan jalur Pansela. Anda dapat menemukan kawah bekas gunung berapi yang diselimuti abu vulkanik berwarna putih, dan air kawah yang bisa berubah warna.

Ada juga Skywalk Cantigi atau jembatan bambu yang menanjak menuju ke Bukit Sunan Ibu, dan dermaga kayu tepi danau. Semuanya cocok dijadikan spot foto menarik.

2. Green Canyon - Pangandaran

Foto/Indonesia Travel

Terletak di Kabupaten Pangandaran, Green Canyon bisa Anda kunjungi dalam perjalanan mudik. Di mana destinasi ini menawarkan pesona alam aliran sungai yang diapit dua bukit bebatuan hijau yang menembus goa. Anda juga bisa menjajal body rafting saat menyusuri sungai.

3. Kemit Forest - Cilacap

Foto/Indonesia Travel

Memasuki Jawa Tengah, pastikan Anda mengunjungi Kemit Forest. Hutan pinus ini viral di media sosial lantaran Instagramable dengan banyak payung hias yang digantung di pohon-pohon pinus.

Ada juga swing shakers, flying fox, panahan, paintball, titian tali, dan kereta anak untuk si kecil. Sementara ayun gantung, Cafe Geong, sepeda udara, dan Delounge bisa menjadi spot foto menarik.

4. Bukit Bego - Yogyakarta

Foto/Indonesia Travel

Jika sedang beristirahat di Yogyakarta, kunjungi Bukit Bego yang mana dulunya merupakan tambang tanah dan kini berubah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Ada juga ikon patung semar, atau patung seorang pria gemuk berpakaian adat Jawa. Perbukitan hijau yang luas akan membuat Anda betah berlama-lama.

5. Pantai Gemah - Tulungagung

Foto/Indonesia Travel

Pantai Gemah menjadi favorit para wisatawan karena air laut biru yang jernih, ombak yang tenang, pasir pantai yang cokelat, dan hutan pinus yang mengelilingi. Ada juga spot foto berupa tumpukan batu karang dengan tulisan Pantai Gemah.

Beragam wahana yang bisa dicoba seperti motor trail, jet ski, banana boat, yang cocok untuk menghilangkan lelah saat mudik.

6. Air Terjun Tumpak Sewu - Lumajang

Foto/Indonesia Travel

Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang selalu menjadi incaran wisatawan. Air terjun yang mengalir disebut mirip seperti tirai air berukuran besar.

Disebut juga Niagara Indonesia, air terjun ini menjulang tinggi dan puncaknya bisa dilihat dari atas teras buatan. Hutan hijau yang menyelimuti air terjun ini menciptakan suasana sejuk.

Topik Menarik