16 Amalan Malam Takbiran Sesuai Sunnah hingga Setelah Sholat Idul Fitri

16 Amalan Malam Takbiran Sesuai Sunnah hingga Setelah Sholat Idul Fitri

Gaya Hidup | inews | Senin, 8 April 2024 - 09:03
share

JAKARTA, iNews.id - Umat Islam dianjurkan melakukan berbagai amalan di malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri. Amalan tersebut tentu bernilai ibadah dan sesuai sunnah.

Diketahui, PBNU memprediksi hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari rabu, 10 April 2024. Prediksi itu sama dengan keputusan Muhammadiyah yang telah menetapkan Lebaran 2024 pada 10 April 2024. Pun demikian dengan pemerintah yang diperkirakan akan memutuskan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H ppada Rabu 10 April.

Dilansir dari laman Kemenag, dalam buku How Did the Prophet & His Companions Celebrate Eid? Rasulullah saw dan umat Islam pertama kali menggelar perayaan hari raya Idul Fitri pada tahun kedua Hijriyah (624 M) atau usai Perang Badar.

Dari beberapa riwayat disebutkan bahwa ada beberapa hal yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Selain mengumandangkan takbir, juga dianjurkan banyak berdzikir, berdoa, menunaikan hingga sedekah.

Ulama menyatakan hukum membaca takbiran di hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha adalah Sunnah.

Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa disunahkan untuk menggemakan takbir pada malam hari raya. Sunnah ini ditujukan untuk semua umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, sedang berada di rumah atau pun sedang berada di Masjid.

Muhammad bin Qasim Al-Ghazi mengatakan : Disunahkan takbir bagi laki-laki dan perempuan, musafir, baik yang sedang di rumah, di jalan, masjid ataupun sedang di pasar. Dimulai dari terbenanmya matahari pada malam hari raya berlanjut sampai salat Idul Fitri.

Takbiran bisa dilakukan di rumah dan musala atau masjid. Kalangan ulama mengatakan bahwa membaca takbir disyariatkan dalam Hari Raya Idul Fitri atas dasar firman-Nya:

"Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan-Nya kepada kalian. (Al-Baqarah: 185)

16 Amalan Malam Takbiran Sesuai Sunnah

1. Mengumandangkan takbir

Amalan sunnah malam takbiran pertama sebelum sholat Idul Fitri yakni mengumandangkaan takbir di masjid-masjid, musala maupun di rumaah pada malam hari raya sejak terbenamnya matahari sampai khatib naik mimbar untuk berkhutbah pada hari Raya Idul Fitri.
Rasulullah SAW dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha memperbanyak takbir. Nabi SAW bersabda:

Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir.

Berikut bacaan takbiran yang dianjurkan untuk kumandangkan pada malam Hari Raya Idul Fitri.

Arab :
,

Latin: Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar. Laailaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar walillahilhamdu

Artinya, Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar dan segalapuji hanya bagi Allah.

2. Mengerjakan Sholat Sunnah

Amalan sunnah malam takbiran berikutnya yakni mengerjakan sholat sunnah.
Dalam buku berjudul Bekal Ramadhan dan Idul Fitri oleh Muhammad Saiyid Mahadhir, menghidupkan malam Idul Fitri hendaknya dilakukan dengan mengamalkan amalan sunnah di malam takbiran Idul Fitri seperti memperbanyak ibadah.

Salah satu amalan malam takbiran sesuais unnah mengerjakan sholat. (Foto: Freepik)
Salah satu amalan malam takbiran sesuais unnah mengerjakan sholat. (Foto: Freepik)

Amalan sunnah di malam takbiran Idul Fitri yang dimaksudkan adalah membaca Al-Quran, sholat tahajud, sholat witir, berzikir, dan ibadah lain yang tidak boleh hilang seiring bergantinya bulan menuju Syawal. Rasulullah bersabda:

Siapa yang sholat pada malam dua hari raya berharap ridha Allah maka tidak akan mati hatinya pada saat hati-hati manusia lain mati. (HR Ibnu Majah).

Muhammad Saiyid pun menganjurkan menghidupkan malam Idul Fitri dengan amalan sunnah di malam takbiran Idul Fitri dengan ibadah-ibadah yang selama Ramadhan sudah dibangun.

Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang shalat pada malam dua hari raya berharap ridha Allah maka tidak akan mati hatinya pada saat hati-hati manusia lain mati". (HR. Ibnu Majah).

3. Berdoa

Amalan malam takbiran sesuai sunnah selanjutnya yakni banyk berdoa. Disebutkan bahwa salah satu doa yang mustajab yakni di malam takbiran Idul Fitri.

Imam As-Syafi'i berkata: "Doa akan dikabulkan pada lima malam yakni malam jumat, malam Idul Adha, malam takbiran Idul Fitri, awal malam bulan rajab dan pada malam nisfu sya'ban.

4. Shalat Berjamaah

Amalan malam takbiran sesuai sunnah selanjutnya yakni menjalankan sholat isya dan subuh berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang shalat pada malam dua hari raya berharap ridha Allah maka tidak akan mati hatinya pada saat hati-hati manusia lain mati". (HR. Ibnu Majah).

Amalan Sunnah Malam Takbiran hingga Setelah Sholat Idul Fitri Lainnya

6. Mandi Sebelum Sholat Ied

Amalan sunnah berikutnya yakni mandi. Nabi SAW selalu mandi sebelum berangkat ke tempat sholat ied

7. Memakai pakaian Terbaik

Amalan sunnah selanjutnya yakni memakai pakain terbaik saat shalat Idul Fitri. Idul fitri adalah waktunya berhias dan berpenampilan sebaik mungkin untuk menampakan kebahagiaan di hari yang berkah itu.

Ilustrasi beli baju baru saat Lebaran
Ilustrasi beli baju baru saat Lebaran

Lebih utama memakai pakaian putih, kecuali bila selain putih ada yang lebih bagus, maka lebih utama mengenakan pakaian yang paling bagus, semisal baju baru. Dari keterangan ini dapat dipahami bahwa tradisi membeli baju baru saat lebaran menemukan dasar yang kuat dalam teks agama, dalam rangka menebarkan syiar kebahagiaan di hari raya Idul Fitri.

Kesunnahan berhias ini berlaku bagi siapapun, meski bagi orang yang tidak turut hadir di pelaksnaan shalat Idul Fitri. Khusus bagi perempuan, anjuran berhias tetap harus memperhatikan batas-batas syariat, seperti tidak membuka aurat, tidak mempertontonkan penampilan yang memikat laki-laki lain yang bukan mahramnya dan lain sebagainya. (Syekh Zakariyya al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 1, hal. 281).

8. Memakai Wewangian

Amalan sunnah lainnya yakni memakai wewangian sebagaimana yang diajarkan Nabi SAW. Berhias bisa dilakukan dengan membersihkan badan, memotong kuku, memakai wewangian terbaik dan pakaian terbaik.

9. Makan Sebelum Sholat Idul Fitri

Amalan sunnah selanjutnya yakni makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri meskipun hanya sedikit. Hal ini telah diajarkan Nabi SAW dalam hadits berikut:
"Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu dan janganlah makan ketika Idul Adha sampai dia sholat dulu. (HR. At Tirmidzi).

Amalan Sunnah Malam Takbiran hingga Setelah Sholat Idul Fitri Lainnya

10. Melaksanakan Sholat Ied di lapangan

Amalan sunnah lainnya yakni melaksanakan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha di lapangan. Dalam buku berjudul Idul Fitri oleh Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc., M. Ag, dalam hadis dari Ummu Athiyyah RA menjelaskan semua umat muslim diperintahkan keluar rumah sambil mengumandangkan takbir untuk sholat berjemaah.

Tata cara sholat Idul Fitri yang benar sesuai tuntunan. (Foto: SINDOnews)
Tata cara sholat Idul Fitri yang benar sesuai tuntunan. (Foto: SINDOnews)

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah sholat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu." (HR. Bukhari).

11. Jalan kaki menuju ke tempat sholat Ied

Amalan sunnah selanjutnya yakni berjalan kaki menuju tempat sholat Ied sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi SAW.

12. Bersedekah

Amalan sunnah lainnya yakni bersedekah semampunya baik kepada orang yang membutuhkan maupun bagi orang tua dan ulama.

13. Mendatangi Tempat Karamaian

Suatu ketika saat hari raya Idul Fitri, Rasulullah menemani Aisyah mendatangi sebuah pertunjukan atraksi tombak dan tameng. Bahkan saking asyiknya, sebagaimana hadist riwayat Ahmad, Bukhari dan Muslim, Aisyah sampai menjengukkan (memunculkan) kepala di atas bahu Rasulullah sehingga dia bisa menyaksikan permainan itu dari atas bahu Rasulullah dengan puas.

14. Bersilaturahmi

Tradisi silaturahim saling mengunjungi saat hari raya Idul Fitri sudah ada sejak zaman Rasulullah. Ketika Idul Fitri tiba, Rasulullah mengunjungi rumah para sahabatnya. Begitu pun para sahabatnya. Pada kesempatan ini, Rasulullah dan sahabatnya saling mendoakan kebaikan satu sama lain. Sama seperti yang dilakukan umat Islam saat ini. Datang ke tempat sanak famili dengan saling mendoakan.

16. Tahniah (memberi ucapan selamat)

Hari raya adalah hari yang penuh dengan kegembiraan. Karena itu, dianjurkan untuk saling memberikan selamat atas kebahagiaan yang diraih saat hari raya. Di antara dalil kesunnahannya adalah beberapa hadits yang disampaikan al-Imam al-Baihaqi, beliau dalam kitab Sunannya menginventarisir beberapa hadits dan ucapan para sahabat tentang tradisi ucapan selamat di hari raya.

Meski tergolong lemah sanadnya, namun rangkaian beberapa dalil tersebut dapat dibuat pijakan untuk persoalan ucapan hari raya yang berkaitan dengan keutamaan amal ini. Argumen lainnya adalah dalil-dalil umum mengenai anjuran bersyukur saat mendapat nikmat atau terhindari dari mara bahaya, seperti disyariatkannya sujud syukur.

Ada 8 Amalan Hari Raya Idul Fitri yang dianjurkan untuk dilakukan Muslim di Hari Kemenangan. (Foto: Freepik)
Ada 8 Amalan Hari Raya Idul Fitri yang dianjurkan untuk dilakukan Muslim di Hari Kemenangan. (Foto: Freepik)

Demikian pula riwayat al-Bukhari dan Muslim tentang kisah taubatnya Kaab bin Malik setelah beliau absen dari perang Tabuk, Talhah bin Ubaidillah memberinya ucapan selamat begitu mendengar pertaubatnya diterima. Ucapan selamat itu dilakukan dihadapan Nabi dan beliau tidak mengingkarinya. Tidak ada aturan baku mengenai redaksi ucapan selamat ini. Salah satu contohnya taqabbala allhu minn wa minkum, kullu min wa antum bi khair, selamat hari raya Idul Fitri, minal aidin wa al-faizin, mohon maaf lahir batin, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan amalan malam takbiran sesuai sunnah hingga setelah sholat Idul Fitri yang perlu umat Islam ketahui.
Wallahu A'lam

Topik Menarik