Teks Takbiran Idul Fitri Pendek dan Panjang Lengkap dengan Latin dan Artinya

Teks Takbiran Idul Fitri Pendek dan Panjang Lengkap dengan Latin dan Artinya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 6 April 2024 - 23:22
share

JAKARTA, iNews.id - Teks takbiran Idul Fitri pendek dan panjang lengkap patut diketahui umat Muslim. Setelah berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim akan merayakan hari kemenangan.

Mengumandangkan takbir merupakan salah satu cara untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Adapun, takdir Idul Fitri mulai dilaksanakan sejak maghrib malam tanggal 1 Syawal sampai dengan sholat Id.

Hal itu berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 185, sebagai berikut:

Allah berfirman, yang artinya: hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu. (Qs. Al Baqarah: 185).

Melansir laman Kementerian Agama RI, Sabtu (6/4/2024), hukum membaca lafadz takbir pada perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan sunnah muakkadah. Artinya, amalan atau sunnah yang sangat dianjurkan dan tidak boleh ditinggalkan jika tidak ada udzur syar'i.

Teks Takbiran Idul Fitri Pendek

Berikut teks takbiran Idul Fitri pendek yang dikutip dari buku Fiqih Praktis I, karya Bagir (2016):

Arab Latin: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu.

Artinya: "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya."

Teks Takbiran Idul Fitri Panjang

Selain versi pendek, terdapat pula lafadz takbir Idul Fitri versi panjang.

Latin:

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na'budu illa iyyahu mukhlishina lahud dana wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa'dah, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.

Artinya:

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafiq, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan keesaan-Nya, Dia dzat yang menepati janji, dzat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentara-Nya dan menyiksa musuh dengan keesaan-Nya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar.

Demikian ulasan mengenai teks takbiran Idul Fitri pendek dan panjang lengkap. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik