Khutbah Jumat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Khutbah Jumat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024

Gaya Hidup | inews | Kamis, 4 April 2024 - 13:07
share

JAKARTA, iNews.id - Khutbah Jumat menyambut hari Raya Idul Fitri 2024 dapat menjadi referensi bagi Anda yang bertugas sebagai khotib. Khutbah Jumat adalah pidato yang dilakukan sebelum shalat berjamaah dua rakaat pada waktu zuhur di hari Jumat. Jumhur ulama telah sepakat bahwa khutbah shalat Jumat hukumnya wajib.

Hanya tinggal beberapa hari lagi, kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.Jumat tanggal 5 April 2024 merupakan Jumat terakhir di bulan Ramadhan. Dilansir dari laman Khutbah Jumat, inilah Khutbah Jumat menyambut hari Raya Idul Fitri 2024 yang ditulis oleh Nurfitri Hadi, M.A:

Khutbah Jumat menyambut hari Raya Idul Fitri 2024

Khutbah Pertama:

:

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah,

Ramadhan adalah waktu yang mulia. Siangnya adalah rahmat dan malam harinya adalah ampunan dan karunia dari Allah. detik-detik Ramadhan begitu berharga. Tentu saja bagi mereka yang mau merenungkannya. Bagi mereka yang menyadari kehidupan akhirat itu butuh bekal. Bagi mereka yang sadar dunia ini adalah tempat singgah dan akhirat adalah tempat kemabli. Maka, bagi mereka Ramadhan adalah kerinduan.

Ramadahan adalah momen-momen berharga. Sesuatu yang paling bernilai dalam hidup seorang muslim. Ia adalah saat yang tepat untuk kembali kepada Allah setelah sebelas bulan lainnya seseorang tidak memaksimalkannya dengan ibadah. Dan sebaik-baik cara kembali kepada Allah adalah dengan menyiapkan hati kita. Dan menjadikan Allah sebagai tujuan kita.

Banyak ibadah yang bisa dijadikan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. terutama di bulan Ramadhan ini. Apalagi pada hari-hari terakhir Ramadhan, Allah menjanjikan pahala yang besar bagi umatNya.

Ibadah-ibadah tersebut antara lain:

Pertama: Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Siapa yang menghadapkan diri kepada Allah dengan mengerjakan ibadah puasa Ramadhan, untuk mereka pahala yang tak terhingga dan luar biasa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

: :

Semua amalan Anak Adam dilipat-gandakan. Setiap kebaikan dilipat-gandakan menjadi sepuluh kali lipat. Bahkan hingga 700 kali lipat. Allah Taala berfirman, Kecuali puasa. Karena puasa itu untukku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Karena dia telah meninggalkan syahwatnya dan makanannya karena Aku.

Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan. Bahagia saat ia berbuka dan bahagia saat berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah dari aroma misk. [HR. Al-Bukhari 1904].

Kedua: shalat lima waktu.

Amalan yang lebih hebat dari puasa Ramadhan adalah sholat lima waktu yang wajib. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan bahwa sholat lima waktu adalah momen seseorang berdialog, bermunajat dengan Rabbnya. Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya apabila kalian berdiri saat sholat, kalian sedang bermunajat (berdialog) dengan Rabbnya. [Shahih al-Bukhari 405].

Seseorang bermunajat dan berdialog dengan Allah dengan cara memuji-Nya, khusyuk beribadah kepada-Nya, dan merendahkan diri kepada-Nya. Berharap agar Allah mengampuni, menyayangi, memaafkan, memberi petunjuk, dan member rezeki. Kalau hati seseorang merasakan hal ini tatkala ia sedang sholat, selesai sholatnya ia akan merasakan kenikmatan mendekatkan diri kepada Allah. Apalagi sholat di saat Ramadhan. Kebaikan yang sangat luar biasa.

Jamaah yang dimuliakan Allah,

Ketiga: membaca Alquran.

Ibadah lainnya yang tak kalah penting di bulan Ramadhan adalah membaca Alquran. Aktivitas membaca Alquran, setiap huruf yang dilafadzkan akan menambah rasa kedekatan dan pengagungan kepada Allah. kalau ibadah membaca Alquran ini digabungkan dengan waktu Ramadhan, maka ia akan bertambah istimewa. Memberikan kemanfaatan luar biasa bagi yang membacanya dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Seseorang yang membaca Alquran disertai menadabburinya akan meninggikan kedudukannya di sisi Allah dan menerangi kehidupannya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

:

Dikatakan kepada ahlul Quran tatkala mereka masuk ke dalam surga. Bacalah dan teruslah naik. Ia terus naik di setiap ayat satu derajat, sampai hafalan terakhir yang ia miliki. [HR. Ibnu Majah].

Keempat: Berdzikir

Amalan lainnya yang sangat layak kita tingkatkan di bulan Ramadhan ini adalah dzikir. Amalan satu ini adalah amalan yang sangat luas waktunya, pahalanya besar, dan ringan untuk dikerjakan. Bisa dikerjakan pagi, siang, sore, dan malam. Sambil berdiri, duduk, bahkan berbaring. Amalan ini bisa ia kerjakan di detik-detik Ramadhan yang singkat ini. Dan ia akan memperoleh pahala yang besar.

Diriwayatkan dari sahabat Abdullah bin Busr radhiallahu anhu,

: :

Ada seseorang bertanya kepada Rasulullah, Wahai Rasulullah, sungguh syariat Islam terlalu banyak bagiku, ajarkan kepadaku satu amalan yang bisa kujadikan pegangan. Rasulullah berkata, Hendaknya lisanmu senantiasa basah dengan dzikir kepada Allah. [HR. At-Turmudzi].

Di dalam hadits lainnya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan tentang keutamaan dzikir berdasarkan hadits qudsi dari Allah Subhanahu wa Taala,

: .

Allah Taala berfirman, Aku tergantung persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya apabila ia mengingatku. Apabila hamba-Ku mengingatku dalam dirinya, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila ia menyebutku dalam satu perkumpulan, akan kusebut dia di perkumpulan yang lebih baik. Apabila hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku satu jengkal, Aku akan mendekat kepadanya satu hasta. Jika dia mendeka kepada-Ku dengan satu hasta, Aku akan mendekat kepadanya satu depa. Kalau ia mendekat kepada-Ku dengan berjalan, Aku akan mendekat kepadanya dengan berlari. [Shahih al-Bukhari 7405].

Bagaimana kiranya kalau dzikir dilakukan dengan lisan yang berpuasa dan hati yang khusyuk?

Kelima: memperbanyak doa.

Doa di bulan Ramadhan amat tinggi dan mulia kedudukannya. Doa adalah satu keadaan dimana seorang hamba berduaan dan merasa butuh dengan Rabnya. Ia mengadukan permasalahannya kepada Tuhannya yang Allah Al-Fattah. Terlebih dalam kondisi sepi, sendiri, dan di keheningan malam. Ia berkata kepada Tuhannya, Ya Allah, aku tidak memiliki siapaun kecuali Engkau. Engkaulah tempatku mengadu dan mencurahkan permasalahanku. Aku datang kepadamu dengan memikul salah dan dosa, ampuni aku. Sayangi aku. Dan berilah cahaya di hatiku.

Bagi mereka yang berdoa, yakinlah bahwa perbendaharaan Allah itu tidak berkurang dengan banyak memberi. Allah itu melihat tetesan-tetesan air mata yang mengalir. Allah mengetahui kesedihan kita. Keluh kesah dan aduan hati. Allah mendengar doa-doa. Bahkan Allah itu senang dengan rengekan kita saat kita meminta kepada-Nya. Allah sama sekali tidak pernah bosa dengan doa dan permintaan seorang hamba. Bahkan Dia Yang Maha Mulia mencintai doa-doa hamba-Nya. Allah Taala berfirman,

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. [Quran Al-Baqarah: 186].

Keenam: memunculkan perasaan kasih sayang sesama muslim.

Ramadhan adalah momen bagi kita memunculkan rasa kasih sayang kepada saudara-saudara kita sesama muslim khususnya yang lemah. Memperhatikan keadaan mereka. Mendoakan dan memberikan bantuan. Terutama saat ini saudara-saudara kita di Palestina yang tengah menghadapi kekejaman penjajah Israel. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

.

Orang-orang penyayang akan disayang oleh Sang Maha Penyayang, Allah Tabaraka wa Taala. Sayangilah siapa saja yang ada dibumi, maka yang di langit akan menyayangi kalian. [HR. Abu Dawud 4941].

Demikian sebagai khotbah yang pertama,

.

Khutbah Kedua:

..

: :

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah,

Sikap seorang muslim tatkala memasuki musim-musim ketaatan seperti bulan Ramadhan ini adalah bergembira. Ia singkap sekat-sekat kemalasan. Dan menggantikan kondisinya dengan kesungguhan. Hal itu tujuannya adalah agar ia mendapat manfaat di masa pahala dilipat-gandakan luar biasa yang bisa jadi tak lagi ia jumpai. Ramadhan ini adalah waktu yang sangat layak mendapatkan tekad dan keseriusan kita dalam beribadah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan berharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Beliau juga bersabda,

Siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan berharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dan sabdanya yang lain,

Siapa yang shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan berharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dari ketiga hadits ini kita bisa melihat bahwa Allah membuka banyak peluang ampunan. Sehingga bagi seseorang yang luput dari satu kesempatan, jangan sampai ia luput di kesempatan yang lain.

Semoga Allah Taala memberi taufik kepada kita untuk mengisi Ramadhan ini dengan amalan terbaik kita. Dengan usaha kita yang paling sungguh-sungguh. Dan Allah menerima semua amalan kita tersebut.

[: 56] : [ ].

. .

: ) ( .


Itulah khutbah Jumat menyambut hari Raya Idul Fitri 2024 . Semoga artikel ini bermanfaat.

Topik Menarik