Itikaf Malam Ganjil Bersamaan dengan Malam Jumat, Raih Dua Keutamaan Sekaligus

Itikaf Malam Ganjil Bersamaan dengan Malam Jumat, Raih Dua Keutamaan Sekaligus

Gaya Hidup | medan.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 12:10
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Itikaf di masjid pada malam hari nanti mempunyai dua keistimewaan karena bertepatan dengan malam ganjil di Ramadhan 1445 Hijriah malam ke-25 bertepatan dengan malam Jumat.

Sudah banyak diulas dalam berbagai kajian bahwa peluang besar terjadinya malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil. Begitu pula dengan keistemewaan dan keutamaan malam Jumat yang luar biasa.

Sejatinya untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar menjaganya pada 10 malam terakhir Ramadhan. Namun dalam sebuah hadis disebutkan

Lailatul qadar dicari pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Carilah lailatul qadar pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, carilah pada malam-malam ganjil. (HR. Bukhari, no. 2027 dan Muslim, no. 1167)

Sementara malam Jumat pun punya keutamaan dengan membaca Surah Al Kahfi. Malam Jumat adalah waktu yang mulia untuk membaca Surah Al Kahfi. Bagi umat Muslim yang membaca surah urutan ke-18 dalam Alquran dan berisi 110 ayat terdapat keutamaan yang besar.

Menurut penjelasan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, yang dikutip dari laman Rumaysho, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menunjukkan tuntunan membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat.

Berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami, 6471)

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami 6470)

Jadi ayo Itikaf malam ini, bangunkan dan ajak semua anggota keluarga menuju masjid. Wallahualam Bissawab

Topik Menarik