Doa dan Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Umat Muslim Harus Tahu!

Doa dan Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Umat Muslim Harus Tahu!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 2 April 2024 - 22:12
share

JAKARTA, iNews.id - Doa dan amalan 10 hari terakhir Ramadhan berikut patut untuk diketahui. Amalan-amalan ini perlu dilakukan untuk memperoleh keutamaan Lailatul Qadar.

Sebagaimana yang telah diketahui, Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di malam itu, rahmat dan pengampunan Allah turun ke bumi untuk hambaNya yang beriman dan bertakwa.

Allah SWT berfirman:

{ { { {

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al Qadar: 1-5).

Dengan segala keistimewaan tersebut, tak mengherankan jika setiap Muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah guna mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar. Hal itu juga dilaksanakan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Aisyah radhiyallahu anha mengatakan,

Apabila Nabi shallallahu alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima, pen), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya. (HR. Bukhari & Muslim)

Adapun doa dan amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2024), adalah sebagai berikut.

Doa dan Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

1. Doa 10 hari terakhir Ramadhan

Setiap manusia tentu memiliki salah dan dosa. Oleh sebab itu, memohon ampunan adalah hal yang harus dilakukan agar kembali ke jalan Allah.

Permohonan ampunan tersebut akan lebih baik jika semakin diperbanyak di 10 hari terakhir Ramadhan. Adapun bacaan doa yang dianjurkan adalah sebagai berikut.

Artinya, Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

2. Salat malam

Saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak salat malam. Salat tersebut bisa berupa salat Witir, Tahajud, Tasbih, Taubat, dan salat sunnah lainnya di malam hari.

Setelah itu, umat Islam bisa memperbanyak berdzikir kepada Allah. Aktivitas semacam itu ternyata telah dilakukan Rasulullah SAW selama hidupnya.

Imam Muslim meriwayatkan dari Aisyah radliyallahu anha:

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersungguh-sungguh dalam sepuluh hari akhir bulan Ramadhan, hal yang tidak beliau lakukan pada bulan lainnya. (HR Muslim).

Untuk melakukan qiyamul lail, Rasulullah SAW tak lupa membersihkan diri dengan mandi. Kemudian, mengenakan wewangian juga perlu untuk dilakukan.

3. Itikaf

Itikaf merupakan aktivitas berdiam diri di masjid dan menyibukkan diri dengan ibadah. Pada 10 hari terakhir Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk lebih giat melakukannya seperti yang telah dilakukan Nabi Muhammad.

Artinya: Dari Aisyah ra, dia berkata, Sesungguhnya Nabi saw beritikaf pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan sampai beliau wafat. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

4. Membaca Al-Quran

Selama melakukan itikaf, seseorang bisa membaca Al-Quran di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dalam membaca ayat suci, maka tajwid dan makharijul huruf harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Setelah ditelusuri, amalan ini ternyata pernah dilakukan oleh Rasulullah lebih banyak saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Nabi Muhammad bahkan menyetor bacaan Al-Quran pada malaikat Jibril.

5. Bersedekah

Bersedekah bisa menjadi ibadah yang giat dilakukan saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pastikan harta kita telah disisihkan untuk orang lain yang lebih membutuhkan.


: .

Artinya: Ibnu Abbas ra. berkata, Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan dalam segala kebaikan. Dan kedermawanannya yang paling dermawan adalah saat bulan Ramadhan ketika Jibril AS datang menemui beliau. Dan Jibril AS datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan sampai Ramadan berakhir. (Dalam pertemuan tersebut) Nabi SAW menyetorkan bacaan al-Quran kepada Jibril AS. Apabila Jibril AS datang menemui Nabi, maka Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dalam segala kebaikan melebihi (kencangnya) angin yang berembus." (HR. Bukhari no. 1769).


Demikian doa dan amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang patut dikerjakan. Wallahu a'lam bish shawab.

Topik Menarik