Tips Menyimpan Roti Sesuai Jenisnya, Supaya  Lebih Tahan Lama

Tips Menyimpan Roti Sesuai Jenisnya, Supaya Lebih Tahan Lama

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 14:30
share

ROTI merupakan salah satu yang wajib hadir di meja makan banyak orang, mengingat jenis makanan satu ini selain enak, juga praktis dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Supaya bisa menikmati kelembutan dan rasa yang optimal dari roti, penting untuk tahu cara menyimpan roti dengan benar, terutama di negara dengan suhu yang berfluktuasi seperti Indonesia.

Melansir dari NDTV Food, Selasa (2/4/2024), berikut beberapa tips praktis untuk menjaga roti tetap segar lebih lama sesuai jenisnya.

1. Roti putih: Hindari menyimpan di lemarii es, karwna sebenarnya hal ini malah membuat roti menjadi lebih cepat basi. Belilah kotak roti dengan ventilasi di bagian atas dan samping sehingga roti tetap mendapat udara. Pilih kotak roti yang terbuat dari bahan tahan lama seperti plastik, logam, atau kayu. Jika mau dibekukan, bisa membekukan roti dalam aluminium foil atau plastik.

2. Roti coklat: Beda dengan roti putih, roti coklat lebih baik disimpan di kulkas untuk tetap menjaga kesegarannya. Hal ini dikarenakan roti coklat memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih tinggi daripada roti putih. Lemak dan gula ini membantu roti coklat menahan kelembapan dan mencegahnya menjadi kering saat disimpan di kulkas.

Potong roti hanya saat ingin dimakan untuk meminimalkan paparan terhadap udara dan kelembapan, sehingga roti akan lebih segar. Jika ingin memotong roti sekaligus untuk beberapa hari, simpan potongan roti dalam wadah kedap udara agar roti tetap segar.

Topik Menarik