Ada yang Tahu Berapa Jumlah Umat Islam Ketika Nabi Muhammad SAW Wafat

Ada yang Tahu Berapa Jumlah Umat Islam Ketika Nabi Muhammad SAW Wafat

Gaya Hidup | siantar.inews.id | Selasa, 2 April 2024 - 13:51
share

JAKARTA, Pematangsiantar.id - Nabi Muhammad SAW diketahui wafat pada hari Senin di bulan Rabi'ul Awwal. Tanggal yang paling populer adalah tanggal 12, namun ada pendapat lain yang menyebutkan awal bulan atau bahkan tanggal 2.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW berdakwah dan menyebarkan Islam, tidak hanya di masyarakat Arab, tetapi juga ke berbagai penjuru dunia. Namun, tahukah Anda berapa jumlah umat Islam pada saat beliau wafat?

Menurut kitab Sirah Nabi Muhammad karya Al Hafizh Ibnu Katsir, Imam Abu Abdullah ash-Shafi'i memperkirakan bahwa sekitar 60.000 orang telah memeluk Islam saat wafatnya Rasulullah. Sekitar setengahnya tinggal di Madinah, sementara 30.000 lainnya tersebar di berbagai daerah.

Sumber lain menyebutkan jumlah yang lebih besar yang pernah secara langsung menyaksikan dan mendengar ajaran Nabi Muhammad SAW. Al-Hafizh Abu Zur'ah 'Ubaidillah bin 'Abdul Karim ar-Razi menyatakan bahwa lebih dari 100.000 orang pernah melihat dan mendengar langsung dari beliau selama hidupnya.

 

Para sahabat yang meriwayatkan sabda dan hadis Nabi juga merupakan kelompok penting. Al-Hafizh Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah al-Hakim an-Naisaburi memperkirakan bahwa sekitar 4.000 sahabat meriwayatkan hadis dari Rasulullah.

Dalam Sirah tersebut, Ibnu Katsir menyebutkan bahwa beberapa ulama terkemuka mengumpulkan daftar nama para sahabat. Para ulama tersebut termasuk Imam al-Bukhari, Ibn Abi Khaitsamah, dan Imam Abu Umar bin Abdul Barr. Selain itu, Abu Muhammad bin Hazm juga menulis buku khusus tentang para sahabat, yang diadaptasi dari karya Imam Baqi bin Mukhallad al-Andalusi. Buku ini secara rinci mencantumkan nama para sahabat dan hadis yang mereka riwayatkan.

Topik Menarik