5 Oleh-oleh Khas Purwokerto untuk Keluarga saat Mudik Lebaran

5 Oleh-oleh Khas Purwokerto untuk Keluarga saat Mudik Lebaran

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 2 April 2024 - 13:00
share

Saat mudik Lebaran , mencari oleh-oleh khas Purwokerto bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dibawa kepada keluarga dan teman-teman di kampung halaman. Kota ini memiliki banyak hal menarik yang bisa dijadikan buah tangan.

Untuk makanan sendiri, banyak yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto saat mudik Lebaran . Mulai dari gethuk goreng, hingga kue dengan rasa manis dan tekstur unik lainnya yang tidak bisa Anda temukan di kota lain.

Jika Anda berencana mudik ke Purwokerto, pastikan membeli oleh-oleh berikut ini. Pastikan untuk membeli oleh-oleh tersebut dari produsen yang terpercaya dan pastikan juga kemasannya aman untuk perjalanan mudik.

Oleh-oleh Khas Purwokerto untuk Keluarga saat Mudik Lebaran

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Purwokerto saat mudik Lebaran dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2024).

1. Gethuk Goreng

Foto/Wikipedia

Pertama ada gethuk goreng. Makanan ini mulanya dibuat dari gethuk yang tidak habis dan kemudian diolah lagi dengan cara digoreng. Rasa gethuk goreng ini pun cukup beragam, mulai dari original, pandan hingga durian. Untuk harga gethuk goreng ini juga masih terjangkau yakni sekitar Rp30 ribu - Rp40 ribu per satu kilogramnya.

2. Jenang

Foto/Paxel Market

Kemudian ada jenang. Jenang merupakan dodol yang dibuat dari tepung ketan, santan dan gula merah. Di Purwokerto sendiri salah satunya yang cukup terkenal adalah jenang wijen. Selain jenang wijen, adapula beberapa jenis lainnya seperti jenang jaket yang juga jadi oleh-oleh khas Purwokerto. Harga jenang ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp17 ribu untuk setengah kilogram.

3. Cireng Pasir

Foto/Instagram @purwokerto_mangan

Kemudian ada cireng pasir. Bukan diolah dari pasir, nama tersebut diambil lantaran cireng tersebut dijual di kawasan Pasir Kidul, Purwokerto. Berbeda dengan cireng dari Jawa Barat, cireng pasir sedikit lebih kecil dan dijual dengan berbagai rasa seperti hati ayam, tulang, dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp10 ribu per bungkus.

4. Tempe Sagu

Foto/Paxel Market

Tempe sagu sendiri merupakan keripik tempe dengan rasa yang gurih dan renyah. Tempe sagu ini terlihat berbentuk bulat tipis dan cocok jadi cemilan ataupun teman makan. Tempe sagu juga memiliki beragam rasa dan yang bisa dicocokan dengan selera Anda. Untuk harga tempe sagu ini dibanderol sekitar Rp20 ribu - Rp30 ribu per bungkusnya.

5. Klanting

Foto/Shoppe

Klanting merupakan salah satu makanan khas Purwokerto yang terbuat dari singkong. Klanting memiliki bentuk simpul kecil dengan tekstur yang garing. Klanting juga memiliki berbagai rasa mulai dari asin, pedas hingga manis. Harga klanting ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp15 ribu untuk satu bungkus.

Topik Menarik